Cara Mudah Membuat Logo Secara Online

desainer grafis mendesain logo
Salah satu masalah yang selalu mengganjal kesuksesan suatu bisnis adalah branding, dan logo memegang peranan penting dalam membangun brand selain nama dan slogan bisnis itu sendiri.

Ketika Anda butuh logo tetapi tidak tahu cara mendesain logo yang bagus, menyewa jasa desainer adalah pilihan paling masuk akal. Bagi Anda yang punya modal bisnis lebih, mungkin tidak masalah. Namun bagi Anda yang bermodal pas-pasan, sudah barang kali akan berpikir ulang untuk merogoh kocek lebih dalam saat mengetahui tarif jasa desain profesional.

Perlu Anda ketahui, biaya desain logo profesional di beberapa situs web desain grafis seperti Sribulancer, Freelancer, Design66, atau Envato berkisar antara Rp150.000-Rp2.000.000 ($10-$200) bahkan bisa lebih mahal tergantung tingkat kesulitan dan waktu pengerjaan.


Anda bimbang?

Saya pun pernah mengalami hal serupa.

Tapi tenang, di artikel ini kita akan sama-sama menyimak daftar situs web penyedia layanan alat pembuat logo untuk membangun branding bisnis Anda.

Mengapa Logo Penting untuk Branding Bisnis Anda?

Logo adalah wajah bisnis Anda. Ia yang pertama kali tampil merepresentasikan jenis perusahaan Anda, dan logo modern selayaknya dapat dipakai secara offline mapupun online.

Apa yang Anda pikirkan saat mendengar merek "Nike"?

logo centang nike

Sebuah perusahaan perlengkapan olahraga dengan logo centang besar 'kan?

Kemudian,

Apa yang ada di benak Anda ketika mendengar nama "Google"?

logo google

Tentu tidak lain adalah sebuah perusahaan penyedia jasa internet dengan logo huruf iconic berwarna biru, merah, kuning, dan hijau 'kan?

Itulah penjelasan sederhana akan pentingnya logo sebagai barisan terdepan branding usaha atau bisnis Anda.

Sekilas Tentang Desain Logo

Baru-baru ini, DesignBuddy memaparkan analisis yang menarik tentang logo beberapa merek terkenal. Beberapa catatan penting yang perlu Anda pelajari antara lain:
1. 95% logo merek-merek terkenal hanya menggunakan satu atau dua warna
2. 41% merek-merek terkenal menggunakan ragam font sebagai logo mereka
3. 93% logo merek-merek terkenal dapat dikenali dengan mudah meskipun berukuran kecil

Sebelum Anda memulai desain logo bisnis Anda, silakan simak beberapa aturan penting yang perlu diterapkan sebelum mendesain logo.

Berikut beberapa kiatnya:
1. Logo harus sederhana: logo yang sederhana lebih mudah dikenali dan diingat oleh semua orang. Logo yang baik bahkan bisa dikenali tanpa perlu menyertakan teks.
2. Logo harus mudah diingat: prinsip ini tentu berkaitan langsung dengan poin pertama. Logo yang bagus tentu dapat diingat dari berbagai aspek, baik bentuk maupun warnanya.
3. Logo harus mampu beradaptasi: logo yang bagus bisa ditempatkan di mana pun, di berbagai media dan aplikasi.
4. Logo harus terlihat bagus: logo yang bagus mengikuti kaidah-kaidah komunikasi visual yang baik. Coba pelajari di tulisan "What makes a good logo?" atau .
5. Logo harus tahan lama: logo yang bagus mampu bertahan lama di tengah perkembangan zaman yang kian maju hingga 10, 20, 50, bahkan ratusan tahun.

logo stella artois beer belgium
Logo Stella Artois (dulunya Brouwerij Artois) telah ratusan tahun digunakan hingga saat ini.


Pelajari tulisan Leo Widrich berjudul "WhyFacebook is Blue: The Science of Colors in Marketing" sebagai referensi pemilihan warna logo dari sisi sains dan psikologis.

Penasaran detail warna logo beberapa merek terkenal di dunia? Cari tahu di BrandColors.

Kesalahan Umum yang Perlu Dihindari Saat Mendesain Logo

Berikut ini beberapa kesalahan umum yang wajib dihindari ketika mendesain logo secara online.
1. Hindari logo yang terlalu rumit
2. Hindari penggunaan clip art
3. Hindari penggunaan font yang terlalu kaku maupun terlalu belibet


GraphicSprings Free Logo Maker

pembuat logo GraphicSprings

GraphicSprings merupakan pionir situs web penyedia alat pembuat logo online. Tersedia beberapa fitur di web ini, yang hampir menyerupai perangkat lunak yang biasanya tersedia di komputer.

Fitur andalan GraphicSprings adalah pengategorian logo berdasarkan jenis bisnis. Beberapa di antaranya:
  • Abstrak
  • Makanan dan minuman
  • Berbasis huruf

Asyiknya lagi, Anda boleh menyewa seseorang dari tim GraphicSprings untuk mendesain logo apabila Anda kurang puas dengan hasil pembuat logo.

Canva


canva logo

Canva bukan sembarang tool pembuat logo biasa, ia juga alat bantu desain profesional untuk berbagai keperluan mulai dari desain grafis media sosial, spanduk, brosur, sampul buku, hingga sampul album musik maupun podcast.

Cara penggunaannya sangat mudah:
1. Anda perlu mendaftar terlebih dahulu, bisa menggunakan surel (email) atau masuk menggunakan Facebook maupun Google+.
2. Kemudian klik Create Design di pojok kiri atas -> di pilihan Marketing Materials pilih Logo.

Canva logo maker

4. Pilih desain layout yang Anda sukai -> edit bentuk ikon serta ubah font hingga hasilnya sesuai keinginan Anda.
5. Jangan lupa untuk mengunduhnya dalam format PNG berkualitas tinggi.

Sayangnya, untuk pilihan PNG transparan tidak bisa Anda unduh kecuali berlangganan fitur premium Canva.

Shopify Logo Maker 

shopify logo maker

Siapa sangka bahwa Shopify menyediakan layanan gratis fantastis yang dapat digunakan untuk membuat logo trendi sekaligus modern. Cara penggunaannya cukup mudah: masukkan nama bisnis Anda dan deskripsikan dengan beberapa kata kunci, kemudian secara otomatis alat ini akan menampilkan ratusan logo yang berkaitan dengan bisnis Anda.

Membuat logo tidak pernah semudah ini!

Utterweb

utterweb logo design maker

Utterweb adalah situs web penyedia alat pembuat logo dengan mudah dan cepat. Alat yang disediakan sangat ramah pengguna, bahkan anak-anak pun bisa menggunakannya untuk sekadar berkreasi. utterweb menyediakan fitur drag and drop untuk mempermudah proses desain logo sesuai yang Anda inginkan.

Tailor Brands Studio

pembuat logo tailor brands logo maker

Tailor Brands adalah penyedia logo berkualitas tinggi dengan 2 pilihan, yaitu paket Logo Only seharga $2,99 dan paket Premium seharga $10,99. Kelebihan alat pembuat logo di situs web ini antara lain pilihan tipe logo yang beragam mulai dari berbasis ikon, nama, maupun inisial nama bisnis/perusahaan. Tailor Brands juga memiliki fitur analisis untuk melakukan proses kurasi terhadap jenis logo berdasarkan deskripsi.

Logo Maker oleh Ucraft

ucraft make logo online generator

Logo Maker adalah aplikasi gratis yang dikembangkan oleh Ucraft untuk mereka yang belum memiliki logo. Anda dapat berkreasi dengan ikon dan teks dengan format PNG transparan dengan resolusi yang besar.

Kelebihannya adalah, tool ini gratis.

Logoshi

Dari semua daftar di tulisan ini, layanan Logoshi mungkin merupakan yang paling unik dalam pembuatan logo. Pasalnya, Anda hanya perlu membuat sketsa atau gambar abstrak bentuk logo yang Anda inginkan tanpa perlu memikirkan keteraturan bentuknya. Langkah selanjutnya adalah masukkan nama bisnis Anda, kemudian Logoshi akan membuat logo berdasarkan sketsa yang telah Anda buat.

logoshi logo maker


Hasilnya, logo yang telah jadi terlihat lebih profesional.

Inspirasi Logo

Usai menyimak daftar situs web pembuat logo, kurang lengkap rasanya apabila kita belum memiliki inspirasi desain profesional. Berikut beberapa halaman web yang dapat Anda akses untuk memperoleh inspirasi:

"Ingat rumus ATM: Amati, Tiru, Modifikasi"

Kesimpulan

Logo merupakan pondasi branding yang mampu menopang usaha atau bisnis Anda di masa sekarang maupun di masa depan. Apabila Anda belum sanggup menyewa jasa desainer profesional, ada baiknya Anda membuat logo sendiri di situs-situs web yang telah disebutkan di atas.

Anda punya rekomendasi perangkat lunak maupun situs web yang belum saya sebut di artikel ini? Silakan tambahkan di kolom komentar ya!

Baca Juga Artikel Pilihan:

Komentar