Kreasikan Tampilan Blog dengan Template Blogger Terbaru


Jika Anda termasuk satu di antara jutaan pengguna Blogger di dunia, ada kabar baik untuk Anda. Platform Blogger yang biasa jadi tempat berbagi keluh-kesah kehidupan sehari-hari, panduan, ulasan, pemikiran, pembelajaran, maupun jual-beli, kini bukan lagi platform gratisan semata.

Sebelumnya, para pengguna Blogger—termasuk saya—biasa menggunakan dan memodifikasi template sendiri atau hasil beli di penyedia template-template berkualitas. Hal ini tentu sangat memberatkan dari segi waktu dan tenaga, walaupun kita sama-sama akui bahwa template Blogger yang dijual di internet makin lengkap fiturnya hingga paket komplit seperti SEO Friendly, Responsive, valid AMP, dan sebagainya dan sebagainya. Tetap saja para pengguna Blogger merindukan template resmi dari Blogger.

Namun, kabar baik itu tiba-tiba datang ...

Terhitung sejak 20 Maret 2017, Blogger secara resmi merilis empat jenis template bawaan (default) terbaru dengan berbagai variasi warna dan tampilan, penyesuaian yang mudah, serta dapat dipasang di blog dengan beberapa kali klik saja.

Semua template ini tidak hanya didesain untuk tampil keren, akan tetapi juga dapat bekerja dengan sangat memukau. Setiap detail template dirancang sedemikian rupa sehingga blog dapat diakses secara optimal dan anti lelet baik di desktop, ponsel, maupun tablet.

Empat template baru tersebut yaitu:

Contempo

contempo blogger template
Lihat demo blog

Blog dengan model sidebar di sebelah kiri yang sangat cocok untuk blog perjalanan (traveling). Desainnya minimalis, loading sangat cepat, dan terdapat foto di latar belakang template yang merupakan hasil karya Michael Elkan.

Soho

soho blogger template
Lihat demo blog


Lebar dan sederhana. Itulah kesan yang pertama kali timbul ketika melihat desain template ini. Tipe template ini sangat cocok untuk galeri fotografi, desain, maupun karya seni lainnya.

Emporio

emporio blogger template
Lihat demo blog

Template kesukaan saya, yang saat ini dipakai di blog ini. Desain masonry tertata rapi di beranda membuatnya jadi primadona di antara keempat template terbaru dari Blogger.

Notable

notable template blogger
Lihat demo blog

Template Notable (bahasa Indonesia: Terkemuka 😀) adalah pilihan tepat bagi sang pujangga yang gemar berbagi puisi, sajak, cerpen, maupun kisah-kisah lainnya.

Kesimpulan

Empat template bawaan Blogger yang kali ini dirilis bersamaan tentu menjadi angin segar bagi para pengguna Blogger khususnya bagi mereka yang tidak ingin terlalu repot mengatur tampilan template dari pihak kedua.

Untuk melihat ragam template terbaru seperti di atas, kunjungi dashboard blog dan pilih menu "Tema". Kemudian pilih template kesukaan Anda dan terapkan di blog masing-masing.

dashboard blogger tema template

Sebelum beralih menggunakan template baru yang tersedia, ada baiknya Anda menyiapkan backup template lama untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan. Karena sekali Anda mengganti template blog Anda, struktur template akan berubah ke versi yang paling mutakhir versi Blogger.

Baca Juga Artikel Pilihan:

Komentar

  1. aku udah nyobain tadi salah satu templatenya, tapi aku ganti lagi sama template downloadan dari google. hihii... soalnya menurutku terlalu sedehana, padahal sukanya yg agak agak fancy gitu. *dasar cewek* :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saat ini gaya minimalis dan fast loading sedang jadi tren, Nurul.

      Hapus
  2. wah template blog yang terbaru ini, jika saya lihat struktur koodingnya berbeda sekali ya sama yang lamaaa... agak sulit sekali di mengerti, tapi kalau digunakan enak jugaaa, yang paling menonjol pada waktu itu saya lihat dari stuktur koding dari Popular Postnya sangat berbeda sekali dengan yang lama... Tapi Blogger memunculkan tampilan Theme baru ini bagus jugaaa, karena bisa membantu yaa sekali menambah stok template blog yang lama jadi menjadi baru :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya strukturnya makin rumit dan perlu dipelajari lagi untuk dimodifikasi. Secara keseluruhan sih sudah keren dan yang paling penting sangat ringan.

      Hapus
  3. Udah pake sticky header ya sekarang blogger, biasanya wordpress aja yang banyak ginian :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Supaya adaptasi di perangkat ponsel dan tablet makin cihuy. :)

      Hapus
  4. Wah sependapat. Awalnya saya ragu mau nyoba pake template baru bikinan blogger. Eh, pas di coba lumayan juga. Jadi mirip ma tema2 bawaan Wordpress. Modern-minimalis hehe.
    Salam kenal gan 👍

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, Blogger makin berbenah dan memang masih banyak yang perlu dibenahi.

      Hapus

Posting Komentar