17 Produk Andalan Google untuk Para Pemasar Digital

Tujuh Belas Produk Google Terbaik

Pernahkah Anda bermimpi blog atau situs web bisnis yang Anda kelola berada di peringkat teratas pada hasil pencarian sesuai target kata kunci yang Anda inginkan?

Kini saatnya berhenti bermimpi dan segera mulai untuk mewujudkannya. Pelajari detailnya di panduan SEO terlengkap dan metode pemasaran lewat mesin pencari yang tepat sehingga blog mapun situs web yang Anda kelola dapat bersaing di peringkat teratas mesin pencari.

Tapi saya belum mampu tembus di halaman pertama

Google mem-banned blog saya karena alasan yang tidak jelas

Pernahkah Anda membaca atau mendengar ujaran di atas?

Alasan-alasan di atas sudah tak asing lagi di ingatan saya. Padahal jika kita mau berusaha dan pantang menyerah untuk menggapainya, asalkan dengan metode yang benar dan sesuai aturan, tentu hal tersebut bukan mustahil untuk dicapai.

Sebagaimana yang sama-sama kita ketahui, Google menyediakan berbagai aplikasi dan alat bantu gratis untuk pemasaran, tidak hanya untuk sekadar membangun brand, tetapi juga meningkatkan konversi pendapatan hingga memperluas jaringan pasar. Yang perlu kita lakukan adalah menggunakan produk-produk Google dengan bijaksana sekaligus tepat guna.

Baca juga: Produk Ekslusif Google

Berikut 17 produk andalan Google untuk para pemasar digital (digital marketer), yang telah saya urutkan berdasarkan prioritas dan popularitas penggunaan.

1. Google Chrome

google chrome logo

Sebagai seorang pemasar digital, tentu Anda membutuhkan peramban (browser) yang cepat, ringan, dan tentunya gratis. Google Chrome adalah pilihan paling masuk akal.

yusabdul.com diakses lewat Google Chrome
Google Chrome versi 56.0.2924.87 dijalankan di Windows 10 dan menampilkan yusabdul.com

Chrome dipilih tidak hanya karena kemutakhirannya, akan tetapi juga ketersediaan extension-nya yang berlimpah ruah untuk para pelaku pemasaran digital. Cara mendapatkan extension di Chrome bahkan sangat mudah, cukup kunjungi Chrome Web Store dan pilih sesuai kebutuhan.

Anda butuh rekomendasi? Tenang, saya sebutkan beberapa extension dengan fitur-fitur profesional:

Jika Anda masih merasa belum tercukupi, silakan eksplorasi lebih lanjut di Chrome Web Store.

2. Google Mail

logo gmail google mail

Google Mail, atau biasa disebut Gmail, adalah layanan kirim-terima surel (email).

Para pemasar digital tentu selalu disibukkan dengan aktivitas mengirim dan menerima surel. Dengan berbagai fitur mulai dari label, penyimpanan hingga 15GB, lampiran, hingga integrasi langsung dengan produk Google lainnya.

Kiat tambahan: Gunakan extension Chrome terkait Gmail berikut:

3. Google Drive

Google Drive Logo Icon

Dengan Google Drive, Anda bisa menyimpan beragam jenis berkas yang dapat diakses di berbagai perangkat. Asyiknya lagi, Anda juga bisa mengatur, mengedit, serta menyimpannya kembali.

Google Drive Screenshot
Tampilan halaman Google Drive

Google memberikan kuota gratis 15GB (termasuk penggunaan Google Foto dan Gmail). Jika Anda butuh lebih banyak kuota penyimpanan, Google menawarkan layanan dengan biaya yang sangat terjangkau yaitu 100GB seharga 26.900/bulan serta 1TB seharga 135.000/bulan. Tiap paket juga terdapat pilihan berlangganan tahunan dengan biaya yang lebih murah 17%.

Tertarik untuk mencoba Google Drive?

Tampilan Menu Google Drive Saya

Baca juga: Tutorial Google Drive

4. Google Docs


Google Docs Sheets Slides Icon Logo

Dengan Google Docs, siapa pun dapat menulis, mengedit, dan berkolaborasi di mana pun dan kapan pun. Tentunya tanpa dipungut biaya.

Biasanya saya berbagi dokumen dengan teman, kolega, maupun klien saya melalui produk Google yang satu ini. Mulai dari tugas kuliah, draft posting blog, hingga ide-ide lainnya.

Google Docs Dokumen Screenshot
Tampilan Goole Docs / Google Dokumen

Beberapa fitur Google Docs sangatlah bermanfaat untuk para pemasar digital. Di antara fitur-fitur tersebut yang dapat Anda gunakan termasuk:
  • Penghitung jumlah kata
  • Cek ejaan
  • Dokumen outline
  • Alat penerjemah
  • Google Docs Offline

Baca juga: Tutorial Google Docs

5. Google Sheets

Google Sheets Docs
Tampilan Google Sheets

Google Sheets bukan sembarang alat pembuat sheets berkualitas, ia bahkan menyediakan fasilitas pembuatan banyak sheets dengan ragam tipe serta dapat diedit dan dibagikan ke orang lain.

Template yang tersedia di Google Sheets antara lain:
  • To-do list
  • Annual budget
  • Schedule

Sama halnya dengan Google Docs dan Google Slides, Sheets mudah digunakan, dilengkapi dengan banyak fitur, sehingga mampu menghasilkan sheets berkualitas.

Google Sheets Template


6. Google Slides

Apa Anda sering melakukan presentasi di hadapan para investor, atasan, atau klien? Mungkin masalah yang paling sering muncul adalah tampilan dan kinerja dari slide presentasi tersebut.

Jika Anda ingin membuat presentasi dengan visualisasi menakjubkan tanpa perlu mengeluarkan sepeser uang pun, Google Slides adalah pilihan yang tepat.


Sama seperti Google Docs dan Google Sheets, Anda dapat mengkreasikan slideshow sendiri maupun menggunakan salah satu template berikut:
  • Pitch
  • Your big idea
  • Photo album
  • Portfolio

Jangan lupa mengatur tampilan slideshow Anda dengan bereksperimen terhadap tata letak, font, warna, ukuran, grafis dan bagan, serta latar belakang untuk menghasilkan presentasi terbaik.

7. Google Forms



Google Forms adalah pilihan tepat bagi Anda yang membutuhkan data survei dengan kemudahan pengaturan. Fitur-fiturnya senantiasa diperbarui dan ditambahkan, termasuk pencarian menu, mengatur urutan pertanyaan, pembatasan respon per orang, pemendek URL, pilihan tema, serta unggah berkas gambar maupun video.




8. Google Plus

logo icon google plus

Ada anggapan bahwa Google Plus atau Google+ gagal sebagai media sosial tempat saling berinteraksi. Faktanya memang cenderung demikian, Google+ tidak lain hanya tempat berbagi gambar, video, maupun tautan tapi minim interaksi antarpengguna.

Namun fakta tersebut tidak serta merta menyebabkan Anda mengabaikan sepenuhnya Google+ karena ia masih bisa berguna untuk membangun jaringan.


Berbeda dengan di media sosial lain, saya sangat jarang menghabiskan banyak waktu di Google+. Namun yang perlu dicatat adalah Google+ masih layak diperhitungkan sebagai faktor optimasi mesin pencari (SEO).

Apakah kita perlu menghabiskan banyak waktu di Google+? Tidak. Apakah Google+ telah mati? Tentu belum.

9. Google AdSense

Logo Google AdSense 2017

Jika Anda ingin menghasilkan uang secara online, satu di antara cara terbaik adalah dengan memulai program Google AdSense.

Dengan platform pemasaran iklan digital terbesar saat ini, yang perlu Anda lakukan hanya mendaftar dan meletakkan kode di situs web atau blog yang Anda kelola, Google akan menampilkan iklan yang relevan sesuai niche Anda, dan Anda akan dibayar setiap kali seseorang mengeklik iklan tersebut.

Dengan banyaknya kunjungan, engagement di media sosial, serta peringkat teratas di mesin pencari, bukan hal mustahil Anda dapat menghasilkan $100.000 per bulan dari Google AdSense. Bahkan Adryan Fitra, seorang pakar pemasaran digital Indonesia, mampu menghasilkan miliaran rupiah dari program ini.

10. Google AdWords

Anda kesal dengan peringkat web yang tak kunjung membaik di hasil pencarian Google? Sudah barang tentu AdWords adalah solusinya.

AdWords merupakan layanan periklanan penyumbang pemasukan terbesar bagi perusahaan Google.

belajar iklan murah di adwords

Khusus iklan berbasis teks, Google menampilkan tautan menyerupai hasil pencarian berdasarkan kata kunci (keyword) tertentu. Di sinilah teknik mahir copywriting sangat dibutuhkan untuk menarik minat orang yang melihat iklan tersebut.

hasil pencarian adwords di Google
Tampilan AdWords dengan pencarian kata kunci "adwords"

Jenis layanan AdWords yang tersedia selain iklan berbasis teks antara lain:
  • Pay-per-click (PPC) atau cost-per-click (CPC) advertising
  • Cost-per-acquisition (CPA) advertising
  • Cost-per-thousand-impressions atau cost per mille (CPM) advertising
  • Banner
  • Rich-media ads
  • Remarketing (atau dikenal sebagai re-targeting)

11. Google Analytics

Tool gratis ini mungkin yang paling populer di antara kalangan pengelola blog dan situs web. Dengan jargonnya "mengubah wawasan menjadi tindakan".

screenshot google analytics Maret 2017

Sebagai seorang pemasar digital, analisis data pengunjung merupakan hal fundamental untuk memahami perilaku dan kebiasaan pasar sehingga mampu meraih kesuksesan pemasaran. Google menyediakan layanan Analytics untuk mempermudahnya.

Fitur-fitur dari Analytics antara lain:
  • Social media engagement
  • Kunjungan real-time
  • Teknologi yang digunakan (jenis peramban, perangkat, dan sistem operasi)
  • Sumber kunjungan (negara dan web)
  • Halaman terpopuler
  • Kata kunci terpopuler

Dari fitur-fitur di atas, pertanyaan-pertanyaan seperti di bawah ini akan terjawab:
  • Media sosial atau jejaring sosial mana yang menyumbang lebih banyak kunjungan?
  • Konten mana yang paling disukai pengujung?
  • Ada berapa pengujung saat ini?
  • Jenis perambang, perangkat, dan sistem operasi apa yang digunakan oleh pengunjung?
  • Dari situs mana mereka mengetahui situs ini?
  • Halaman mana yang paling banyak diakses?
  • Kata kunci apa yang paling banyak dicari?

12. Google Keyword Planner

Apakah Anda membutuhkan rekomendasi kata kunci dengan banyak kunjungan untuk blog Anda baik itu kata kunci yang panjang maupun yang pendek? Keyword Planner solusinya.

google adwords keyword planner

Keyword Planner mungkin mudah digunakan, akan tetapi penggunaannya perlu ketelitian dan penelitian lebih lanjut supaya strategi pemasaran melalui mesin pencari dapat berjalan dengan lancar.

Ketika Anda memasukkan suatu kata kunci di kolom pencarian, alat ini akan menampilkan ratusan bahkan ribuan ide kata kunci, tingkat kompetisi, dan jumlah pencarian bulanan. Kata kunci yang ditampilkan merupakan hasil olahan data pada masa lampau yang berarti bukan prediksi jumlah kunjungan di masa depan.

13. Google Webmaster Tools

Cara paling efektif untuk memahami web yang Anda kelola secara profesional adalah menggunakan Google Webmaster Tools. Dengan alat ini, Anda akan memperoleh fitur:
  • Ulasan kesehatan situs web, mencakup crawl error, peringatan malware, dan URL yang diblokir.
  • Konfigurasi situs web
  • Backlink. Cari tahu dari mana asal tautan ke situs web Anda.
  • Kungjungan situs web. Pahami perilaku pengunjung situs web.

14. Google Sites

Google Sites merupakan layanan platform web dan wiki sederhana dengan tiga perspektif, yaitu pemilik, editor, dan  pemirsa.


Google merombak platform Google Sites secara besar-besaran untuk meningkatkan performa dan menambah jumlah pengguna.

15. Google Local Business Center

Dengan tool ini, Anda dapat menampilkan profil perusahaan, toko, restoran, maupun jenis instansi lainnya di hasil pencarian Google.

Yang perlu dilakukan untuk optimalisasi Google Business Local atau Google My Business:
  • Teliti akurasi info bisnis yang Anda kelola, mulai dari nama perusahaan, alamat, nomor telepon, jam kerja, kategori bisnis, menu (untuk restoran), dan lokasi di Google Maps.
  • Verifikasi keaslian profil usaha atau bisnis.
  • Periksa kembali detail bisnis Anda yang telah didaftarkan.

hasil pencarian google indonesia di Google Business Local atau My Business

Contoh tampilan Google My Business ada di screenshot di atas sesuai hasil pencarian di Google dengna kata kunci "Google Indonesia".

16. Google Trends

Ketika Anda butuh informasi terpopuler saat ini terkait niche Anda, Google Trends menyediakan beragam tren pencarian dengan jumlah kunjungan berlimpah ruah.

17. Google Calendar

Mengapa Google Calendar saya letakkan di paling akhir? Tidak lain karena produk Google yang satu ini tidak terlalu penting atau keberadaannya nyaris tergantikan dengan berbagai aplikasi kalender dan catatan yang tersedia di internet.

BONUS

YouTube

halaman depan beranda YouTube 2017

Siapa tidak kenal YouTube? Platform unggah dan berbagi video ini menyediakan beragam fitur yang dibutuhkan oleh para pemasar digital untuk mempromosikan brand maupun produk mereka.


Semakin banyak orang yang menonton video Anda, semakin besar pula kemungkinan peluang peningkatan pendapatan. Apalagi jika mereka berbondong men-subscribe saluran Youtube Anda.

Google URL Shortener

Pemendek URL Google

Google URl Shortener atau biasa disebut goo.gl adalah layanan pemendek dan pelacak URL. Dengan alat yang sederhana ini, Anda dapat mempersingkat URL serta mempelajari pengguna yang mengeklik tautan URL yang telah diperpendek.

Google Page Speed Insight

Google Page Speed Insight dirancang untuk mengetes, menganalisis, serta mengevaluasi kecepatan loading suatu halaman web. Ada dua versi analisis dari alat bantu ini, pertama versi mobile dan kedua versi desktop.

Alat bantu ini telah digantikan dengan alat bantu user experience yang lebih mutakhir, yaitu Google Mobile-Friendly Test.


Kesimpulan

Para pemasar online saat ini tidak perlu kelimpungan memikirkan alat bantu dan aplikasi yang mahal. Internet telah menyediakan berbagai ragam perangkat lunak, situs web, dan aplikasi yang bahkan dapat diakses dengan mudah dan gratis.

Usai membaca artikel ini, saya berharap tiap-tiap pembaca mampu memilih atau menyeleksi alat bantu dari Google untuk mencapai tujuan pemasaran, tentunya dengan menyesuaikan fitur-fitur yang tersedia sesuai kebutuhan.

Tidak ada jaminan fitur-fitur dari alat bantu Google yang saya sebutkan di atas mampu menaikkan peringkat situs web maupun blog yang Anda kelola di hasil pencarian Google. Apalagi jaminan keuntungan bisnis Anda berkali-lipat secara instan. Namun dengan strategi yang jitu, alat-alat bantu tersebut bisa mengantarkan Anda menuju tujuan yang semestinya.

Punya pengalaman menggunakan produk-produk Google di atas? Ceritakan di kolom komentar ya.

Baca Juga Artikel Pilihan:

Komentar