10 Cara Brilian Menghasilkan Uang Secara Online di Tahun 2017

cara cari menghasilkan uang di internet online

Internet, sebagaimana sama-sama kita ketahui, telah mengubah cara seseorang dalam mengelola bisnis. Ia tidak hanya membuka pintu-pintu baru di berbagai bidang untuk menghasilkan uang, tetapi juga 'memaksa' banyak orang untuk berkreasi sesuai bakat dan minat masing-masing. Entah itu pebisnis mula-mula skala kecil hingga menengah (UMKM) maupun pemilik perusahaan besar, internet menjadi celah besar untuk memperlebar sayap bisnis karena potensi pasar global.

Berikut ini 10 cara yang dapat anda pelajari dan terapkan untuk menghasilkan uang di internet pada tahun 2017.

1. Bekerja sebagai Pekerja Lepas

Pekerja lepas (freelancer) sangat dibutuhkan di era keterbukaan internet, potensi bidang-bidangnya masih sangat umum dan beragam. Salah satu situs web yang saya rekomendasikan untuk menjajakan jasa freelance adalah Freelancer, Upwork, dan Sribu. Kategori bidang yang biasanya terdapat di dalamnya antara lain desain web, videografis, desain grafis, Search Engine Optimization (SEO), kepenulisan, copywriting, pemrograman web.

Cari pengalaman sebanyak-banyaknya, susun portofolio yang memukau, dan tawarkan jasa dengan pelayanan terbaik kepada klien.

2. Menjadi Penulis Tamu

Asah dan kembangkan keahlian menulis anda dengan cara menjadi penulis tamu di blog orang lain atau media-media digital sebagai bentuk publikasi. Sebagian dari blog dan situs web yang menyediakan tempat untuk penulis tamu atau kolumnis juga menyediakan honor berupa uang. Gunakan kesempatan ini untuk memperluas jaringan serta memperbaiki kualitas CV dan resume anda. Siapa tahu ke depannya jenjang karir anda meningkat sebagai penulis tetap di blog atau situs web tersebut.

3. Tulis Buku

Sudahkah anda tahu bahwa di Indonesia ada beberapa self-publishing atau penerbit buku indie yang akhir-akhir ini menjamur di dunia maya maupun di dunia nyata? Sebut saja Indie Book Corner, Stilleto Book, Mojok, dan Pustaka Buku. Penerbit-penerbit buku tersebut dapat menjadi alternatif jika karya kita tersendat kebijakan penerbit-penerbit besar karena berbagai alasan.

Selain buku fisik, kita juga bisa menelurkan buku-buku digital atau biasa disebut e-book. Tema e-book yang dapat kita susun dan publikasikan antara lain tutorial internet, strategi bisnis atau berjualan online maupun offline, panduan belajar, resep masakan, tips cinta, dan tema-tema lainnya sesuai minat dan keahlian kita masing-masing. Ratakan dan Idaff bisa menjadi tempat untuk mempublikasikan karya e-book karena sistem bagi hasil yang adil dan pemasarannyaa yang memakai sistem afiliasi.

4. Afiliasi

Pemasar digital (digital marketer) masih menjadi lumbung uang yang melimpah, asalkan kita memahami cara dan metode yang efektif. Siapkan lead page, kemudian tawarkan melalui akun media sosial baik itu Facebook, Instagram, Twitter, maupun Google+. Metode memperpendek URL masih jadi yang terbaik ketika menyelipkan tautan afiliasi di dalam sebuah postingan.

Hosting Unlimited Indonesia


Bagi anda yang sama sekali belum pernah mempelajari pemasaran digital (digital marketing), saya sarankan untuk gabung grup-grup Facebook, berkenalan dengan komunitas, serta belajar dari beberapa pakar internet marketing. Access Trade merupakan salah satu situs web afiliasi terbaik saat ini dengan nilai bagi hasil yang cukup besar.

5. Dropship

Dropshipping adalah metode manajemen pasokan yang mana penjual tidak menyimpan barang dalam stok akan tetapi pesanan pelanggan dan rincian pengiriman mengatasnamakan produsen, pengecer lain, atu grosir, yang kemudian dikirim langsung kepada pembeli. Sebagaimana bisnis ritel, keuntungan dropship dihitung berdasarkan selisih antara harga barang dengan harga jual, akan tetapi harga jual telah disepakati bersama oleh produsen maupun distributor atau supplier.

Dropship sangat cocok bagi Anda yang tidak punya stok produk tapi ingin bisa berjualan.

Situs web dropship yang saya rekomendasikan adalah Supplier Indonesia dan Dropshipper Indonesia. Pelajari juga Panduan Dropship Mastery untuk mencapai kesuksesan dalam berbisnis secara dropship.

6. Berjualan Merchandise

Berjualan pernak-pernik buatan sendiri (fanmade) adalah cara paling mudah untuk memperoleh pundi-pundi tambahan. Kita bisa memulainya dari pernak-pernik berupa kaos, stiker, sweater, jaket, topi, atau mug dengan tema kartun, film, serial televisi, anime, video game, atau hal-hal lain yang diminati banyak orang.

Situs web custom merchandise yang saya rekomendasikan antara lain Tees dan Ciptaloka. Di dua situs itu, kita bisa mendesain sendiri karya pernak-pernik, memasarkan, dan yang paling menarik adalah proses produksi hingga pengiriman dilakukan oleh pengelola situs web tersebut dengan rincian baiya dan bagi hasil yang lumayan.

7. Berinvestasi

Jika pemasukan atau pendapatan anda telah mencukupi kebutuhan hidup sehari-hari, ada baiknya mulai memikirkan untuk berinvestasi secara online. Berinvestasi di startup atau perusahaan rintisan adalah pilihan paling masuk akal di samping bekerjasama dengan kolega untuk mengelola bisnis.

AngelList bisa jadi pilihan terbaik untuk mencari startup potensial untuk anda danai.

8. Menggelar Podcast dan Webinar

Webinar (web seminar) merupakan versi digital sebuah seminar yang disiarkan online secara langsung. Komunikasi antara pengisi webinar dengan para peserta menjadi kunci kesuksesan sebuah konferensi digital tersebut. Anda dapat mengisi seminar berbayar dengan tema tertentu baik gratis maupun berbayar, mulai dari biaya Rp50.000 hingga jutaan.

Lain halnya dengan webinarpodcast yang biasanya berupa rekaman. Layanan tempat mengunggah dan memasarkan podcast antara lain iTunes dan Soundcloud.

9. Membuat Video

Tentu bukan hal yang mudah untuk membuat video apalagi menghasilkan uang dari video yang telah kita buat. Namun jika anda punya keahlian dan fasilitas internet tanpa kuota yang memadai, anda hanya perlu kreatif untuk membuat video viral di saluran Youtube kemudian memonetisasi video-video tersebut sesuai peraturan dan syarat dari Google.

Utamakan kualitas konten, kemudian baru pikirkan kuantitas atau jumlah penonton untuk mendulang lebih banyak pendapatan dari iklan yang diselipkan ke video.

10. Menjadi Influencer atau Buzzer

Secara sederhana, buzzer atau influencer atau endorser adalah seseorang yang dibayar oleh klien untuk memperkenalkan suatu produk baik barang maupun jasa kepada khalayak. Biasanya mereka mempromosikan produk tersebut kepada pengikut (media sosial) maupun pembaca (blog). Tarif buzzer atau influencer biasanya ditentukan berdasarkan jumlah pengikut akun media sosial, jumlah pengunjung blog, jumlah subscriber, serta Klout Score.

Platform andalan untuk membangun citra sebagai buzzer atau influencer antara lain Twitter, Instagram, Youtube, Facebook, dan blog. Semakin banyak pemirsa yang tergabung dalam jaringan anda, semakin tinggi pula bayaran yang akan kita terima.



Kesimpulan

Ada banyak cara menghasilkan uang secara online pada tahun 2017, dan saya telah menyebutkan 10 di antaranya. Tidak ada yang menjamin anda akan kaya jika menjalani cara-cara di atas, semua tergantung usaha dan strategi yang sesuai dengan keahlian dan kemampuan masing-masing. Kuncinya adalah jangan berhenti belajar, asah keahlian, susunlah rencana jangka pendek dan panjang, bentuk tim yang solid karena anda mungkin perlu bantuan orang lain, dan yang paling penting: senantiasa berdoa untuk kebaikan karier anda.

Baca Juga Artikel Pilihan:

Komentar