Prediksi Piala Eropa 2016

kejuaraan piala eropa euro 2016 perancis

Apakah kalian gembira untuk menyambut Piala Eropa 2016? Saya iya!

Selain bersamaan dengan Ramadan 1437 Hijriah dan Copa América Centenario, turnamen Piala Eropa 2016 merupakan penghapus dahaga setelah sepanjang musim 2015-16 disuguhkan kompetisi liga maupun kompetisi antarbenua. Turnamen ini juga membawa suasana nostalgia akan Piala Dunia 2014 yang juga terjadi bersamaan dengan Ramadan dua tahun yang lalu.

Pengalaman Menonton Euro

Saya merasa beruntung dapat menyaksikan kompetisi empat tahunan di Benua Biru dan dunia, antara lain Piala Dunia 2002 Korea Selatan-Jepang, Euro 2004 Portugal, Piala Dunia 2006 Jerman, Euro 2008 Swiss, Piala Dunia 2010 Afrika Selatan, Euro 2012 Polandia-Ukraina, dan Piala Dunia 2014 Brasil.

Piala Eropa 2008 adalah momen tak terlupakan dalam ingatan saya karena tim favorit saya, Jerman, kalah tipis di final oleh Spanyol. Sejak saat itu saya makin sering menonton dan menulis esai-esai sepak bola.

Dari pengalaman dan pengamatan dalam beberapa tahun terakhir, saya dapat memberikan sedikit gambaran siapa pemain yang akan berkontribusi paling besar untuk timnya dan kejutan apa saja yang mungkin terjadi sepanjang kompetisi berlangsung? Simak ulasannya berikut ini.

Pemain Terbaik

Jujur, ini pilihan paling sulit. Paul Pogba, Dimitri Payet, Mesut Özil, Andres Iniesta, atau Kevin de Bruyne memiliki kans yang sama untuk meraih penghargaan ini.

Pilihan saya jatuh kepada Dimitri Payet karena ia selalu jadi pemain penentu di West Ham United maupun timnas Perancis lewat umpan-umpan akurat maupun tendangan jarak jauhnya yang luar biasa. Ia mungkin tidak memiliki fisik yang tangguh dan semampai seperti Pogba, kemampuan umpan terobosan seperti Özil, maupun kemampuan mendikte permainan seperti Iniesta, tapi ia memiliki faktor lain yang dapat mengantarkan Perancis menjadi juara.

Nama lainnya: Jamie Vardy, Toby Alderweireld, Eden Hazard, N'Golo Kanté, Hakan Çalhanoğlu, Oğuzhan Özyakup.


Pertahanan Terbaik

Kualitas pertahanan di turnamen ini akan sangat menarik untuk ditonton. Saya sudah menyaksikan dari sebagian besar negara-negara bersaing di babak kualifikasi dan dalam pertandingan persahabatan baru-baru ini. Saya harus mengakui, sesuai dengan standar pertahanan di Liga Primer maupun La Liga, saya tidak terkesan!

Hanya Italia yang memilik trio bek tangguh (walaupun sudah uzur) Chellini / Barzagli / Bonucci yang juga sangat kokoh saat membela Juventus. Perancis, Jerman, dan Spanyol juga memiliki pertahanan yang cukup baik. Di samping itu, Belgia dan Austria juga punya bek-bek tangguh di setiap posisi.

Pencetak Gol Terbanyak

Banyak pihak yang memprediksi Olivier Giroud akan menjadi pemain tersubur dalam Piala Eropa kali ini. Striker Arsenal berpostur 192 sentimeter itu akan bermain di tengah sesuai arahan Didier Deschamps dengan formasi 4-3-3, dengan Antoine Griezmann Dimitri Payet beroperasi di kiri dan kanan secara bergantian.

Pemain berusia 29 tahun tersebut telah mencetak 16 dari 18 gol internasional dalam 18 bulan terakhir serta 82 gol dalam 188 pertandingan untuk Arsenal sejak bergabung pada tahun 2012.

Striker utama lainnya yang akan bersinar di Piala Eropa antara lain Harry Kane, Robert Lewandowski, Arkadiusz Milik, Marc Janko, Thomas Müller, dan Cenk Tosun.

Tim Kuda Hitam

Wales digadang-gadang menjadi kandidat kuda hitam yang siap meledak di Piala Eropa 2016. Gareth Bale, Aaron Ramsey, Ashley Williams, dan Joe Allen akan membawa kejutan di grup B menghadapi Inggris, Rusia, dan Slovakia.

Tim lainnya: Austria dengan pemain berkualitas di setiap lini, Islandia dengan bintang muda, Polandia dengan pemain berpengalaman, dan Turki dengan kekuatan misterius.

Pemain Muda Sensasional

Sulit menentukan pemain muda mana yang bakal bersinar di Piala Eropa tahun ini karena sebagian besar dari mereka bukan bagian dari tim inti. Sebut saja Hector Bellerin, Marcus Rashfrod, Leroy Sané, Divock Origi, Julian Weigl, dan Anthony Martial.

Namun ada beberapa nama yang saat ini menjadi pilihan utama masing-masing pelatih, yaitu Delle Alli, Harry Kane, Hakan Çalhanoğlu, dan Renato Sanches. Secara kestabilan performa, saya tak akan ragu memprediksi Delle Alli sebagai rising star.

Juara

Dalam benak saya, Jerman akan meraih gelar keempatnya tahun ini. Tapi melihat performa tim selama kualifikasi dan laga persahabatan, Perancis akan menjadi juara di rumah sendiri.

* * *

Bagaimana prediksi kalian?

Baca Juga Artikel Pilihan:

Komentar