ZenFone 2 Laser 5.0 ZE500KL: Ponsel Pintar 4G Terbaik dari ASUS

pilihan warna ASUS Zenfone 2 Laser 5.0 ZE500KL

ASUS semakin mengukuhkan diri sebagai produsen ponsel pintar (smartphone) unggulan di Indonesia. Produk-produknya sangat tidak hanya digemari, bahkan menjadi primadona bagi banyak kalangan. Maka tak heran apabila pangsa ASUS pada akhir tahun 2015 (kuartal keempat) mencapai 21,9% mengungguli beberapa produsen ponsel pintar lainnya di Indonesia. (IDC Quarterly Mobile Phone Tracker)

ASUS kerap menyajikan produk-produk berkualitas premium dengan harga yang relatif terjangkau. ASUS juga selalu beradaptasi dengan berbagai teknologi paling mutakhir, termasuk penyesuaian ponsel yang telah mendukung akses jaringan internet 4G frekuensi 1800 MHz.

Di antara produk-produk teranyar ASUS yang menyertakan fitur 4G, lahirlah ZenFone 2 Laser (ZE500KL) yang menjadi penerima tongkat estafet kesuksesan ZenFone 2 di pasaran.

Luxury Design ASUS ZenFone 2 Laser ZE500KL

Lantas apa saja keunggulan ZenFone 2 Laser dibandingkan pendahulunya? Kira-kira, apa saja fitur terbaru yang menjadi andalan produk ini? Mari kita simak ulasan berikut.


Bukan Sembarang 4G

ASUS mempersenjatai ZenFone 2 Laser ZE500KL dengan teknologi jaringan 4G yang bikin siapa pun tercengang. Teknologi LTE bertipe cat 4 (LTE cat 4) mampu menyalurkan kecepatan unggah 50Mbps dan unduh 150Mbps per detik. Dengan demikian, pengguna ZenFone 2 Laser ZE500KL tak perlu khawatir dengan kualitas internet saat butuh hiburan seperti streaming video maupun musik. Toh kecepatannya lebih ngebut dibandingkan dengan mayoritas internet rumah, warnet, atau Wi-Fi di kafe-kafe favorit.

Metalic ZenFone 2 Laser ZE500KL


Lukis Kesempurnaan Diri dengan Kamera Berkualitas Tinggi

Jika ZenFone 2 Laser ZE500KG hanya memiliki kamera belakang 8-megapixel, ZenFone 2 Laser (ZE500KL) jauh lebih mutakhir karena didukung kamera 13-megapixel dengan teknologi Pixel Master sehingga mampu menangkap fokus sampai 0,03 detik. Selain itu kita dapat menghasilkan foto terbaik meskipun dalam keadaan minim cahaya karena ZenFone 2 Laser (ZE500KL) memiliki aperture f/2.0.

Hasil kamera Zenfone 2 Laser ZE500KL


Beberapa hasil foto ZenFone 2 Laser

hasil tangkapan kamera foto Asus Zenfone 2 Laser ZE500KL

Selain itu, Blue Glass Filter yang ditanamkan dalam ZenFone 2 Laser ini menghasilkan warna dari kamera Pixel Master dengan tingkat akurasi warna yang nyata. Blue Glass ini berguna untuk mereduksi lebih dari 90% cahaya infra merah, memperkuat pencahayaan, mencegah red-eye, serta meminimalkan blur saat mengambil gambar.

Keren 'kan?

Jelajahi ZenUI™ Teranyar

ZenUI Tampil Lebih Sederhana, Personalisasi, dan Memukau

ZenUI User Interface

Kebebasan, koneksi, dan ekspresi merupakan pondasi utama yang menyempurnakan ASUS ZenUI, sehingga membuat para pengguna ponsel terpukau. ZenUI memiliki desain visual yang indah ditambah berbagai fitur baru - termasuk ZenMotion, SnapView, Trend Micro ™ Keamanan dan ZenUI Updates Instant - yang meningkatkan kegunaan, menjamin keamanan dan privasi, dan memberikan pengalaman pengguna yang mulus.

Jumlah unduhan aplikasi ZenUI dari Google Play Store: 150.000.000 +

ASUS ZenUI memiliki lebih dari 1.000 fitur yang memodifikasi antarmuka Android baku. Kita dapat menikmati tampilan yang lebih sederhana, dengan rancangan terbaru yang memperluas ruang putih untuk desain yang bersih, serta memprioritaskan penempatan informasi yang kita butuhkan. ZenUI versi terbaru lebih cerah, lebih pintar, lebih sederhana, dan bahkan lebih indah. Ia tahu apa yang kita butuhkan dan inginkan.

Jumlah perangkat ZenUI terjual di seluruh belahan dunia: 18.000.000 +

1. ZenMotion

ZE500KL ASUS Zen Motion

  • Jalan pintas untuk semua kebutuhan

Gerakan sederhana dan intuitif meluncurkan aplikasi dalam sekejap. Tap Tap untuk mengaktifkan mode satu tangan, serta ketuk layar dua kali untuk 'membangunkan' ponsel secara instan.

2. ZenUI Launcher

ZE500KL ZenUI Launcher

  • Penyesuaian animasi

Berbagai gaya ZenUI launcher dengan pilihan animasi yang dapat dipilih sesuka kita.

  • Folder yang fungsional

Berbagai folder yang dapat kita pilih.

  • Ikon unik

Ikon-ikon pilihan yang didesain khusus untuk memanjakan mata tanpa menghilangkan kegunaannya.

3. Kids Mode

Kids Mode ZenFone 2 Laser 5.0 ZE500KL

Ubah ponsel jadi lebih edukatif, menghibur, dan aman untuk anak-anak karena telah disertai fitur pengawasan orang tua serta penghitung waktu otomatis. Anak-anak juga lebih aman ketika 'berselancar' di internet.

4. SnapView


ZenFone 2 Laser 5.0 ZE500KL Snap View

  • Letakkan berkas secara terpisah

Ruang independen untuk menjaga keterpisahan dan keamanan antara konten pribadi pribadi ddengan kehidupan profesional, disertai dengan pemberitahuan lintas ruang untuk mengelola kedua bidang tersebut.

5. Privasi kontak dan Pesan

privasi kontak Zenfone 2 Zenfone Laser ZE500KL


  • Perlindungan privasi dengan mudah

Jaga keamanan komunikasi pribadi dengan log rahasia dan pesan dilindungi oleh kode PIN.


  • Sederhana, intuitif dan Fun

Buat cerita sendiri dengan template yang menakjubkan dan efek foto profesional.


  • Membuat slideshow layaknya seorang profesional

Ubah deretan foto menjadi sebuah film yang menyentuh hati, penuh dengan teks buatan sendiri, dan musik.

Aksesori ASUS Zenfone 2 Laser 5.0 ZE500KL

ASUS juga menyediakan aksesori-aksesori cantik dan fungsional untuk produk ZenFone 2 Laser. Kita dapat memilih aksesori mana yang ingin kita miliki, termasuk pilihan warna yang tersedia.

aksesoris ASUS Zenfone 2 Laser
(dari atas kiri ke kanan) ZenFlash, Lolliflash, ZenEar S,  ZenPower, dan Proteksi perangkat.

  • ZenFlash

ZenFlash adalah senter xenon mirip dengan yang ditemukan di kamera DSLR nilik fotografer profesional. Fitur ini 100X lebih terang dari senter LED biasa dan dikendalikan oleh antarmuka yang sederhana, sehingga kita bisa mengambil foto dengan distorsi dan sumber cahaya yang minim - semua dengan sentuhan tombol.

  • Lolliflash

Selain ZenFlash, Asus juga membekali lampu Dual-LED untuk memadukan berbagai filter warna yang dapat dipadukan dalam hasil foto.

  • ZenEar S

Presisi-mesin dan diamond-cut, kami dibuat ZenEar S dari berkualitas tinggi, bahan ABS ringan dan kuat. Dengan sistem redaman dipatenkan, dan kedua kamar suara depan dan belakang dengan jalur akustik terhalang, ZenEar S mencapai suara mengagumkan yang seimbang disampaikan dengan detail halus - dan merupakan perwujudan dari desain dan pengerjaan.

  • ZenPower

ASUS ZenPower
Jangan khawatir apabila baterai ZenFone kita nyaris habis karena ASUS juga menyediakan ZenPower dengan daya 10,050mAh untuk pengisian penuh gawai kita. Beratnya hanya 215gram dan ukurannya tidak lebih besar dari kartu kredit. ASUS ZenPower menawarkan kecepatan dan efisiensi tinggi pengisian sampai dengan keluaran 2.4A. Dengan power bank ini, kita juga memperoleh fitur ASUS PowerSafe, yakni teknologi memonitor suhu, mengontrol kedua tegangan input dan output, serta penjaga terhadap sirkuit pendek untuk menawarkan keamanan maksimum saat pengisian.

Pilihan warna ZenPower juga beragam: emas, putih, biru, merah muda, dan hitam.

  • Proteksi Maksimal dengan Flip Cover

Selain tampil menawan, flip cover juga dapat menghindari ZenFone 2 Laser dari goresan atau debu, dan membuat informasi penting yang tersedia sekilas di hadapan kita. Dengan fitur tersebut kita dapat melihat panggilan masuk, pesan baru, dan jam.


Spesifikasi ASUS Zenfone 2 Laser 5.0 ZE500KL

Sistem Operasi : Android 5 (Lollipop)
CPU  : Qualcomm Snapdragon 410 (64-bit quad-core 1,2GHz)
GPU : Adreno 306
Memori : 2GB RAM
Penyimpanan :
  • 16GB eMMC Flash
  • 5GB free lifetime ASUS WebStorage

Slot Memori : Micro-SD card (hingga 128GB)
Teknologi Konektivitas :
  • WLAN 802.11 b/g/n
  • Bluetooth V4.0 + A2DP
  • Dual Micro SIM card (Dual Standby)

Standar Jaringan :
  • 4G LTE UL: 150 Mbps / DL: 50 Mbps
  • 3G DC-HSPA+ UL: 5,76 Mbps / DL: 42 Mbps

Navigasi : GPS & GLONASS
Display : 5 inci, HD 720x1280 IPS, TFT dengan Capacitive touch panel + Gorilla Glass 4
Antarmuka Pengguna / UI : ASUS ZenUI dengan lebih dari 1000+ perangkat lunak bawaan (What's Next, PC Link, Share Link, Quick Access, ASUS Splendid, dll)
Baterai : Lithium-Polimer 2400 mAh
Dimensi : 143,7 x 71,5 x (10,5~3,5) mm
Berat : 140 gram
Kamera :
  • Depan 5 Mega-Pixel & Belakang 13 Mega-Pixel
  • Laser Auto Focus, F2.0 Aperture, PixelMaster
  • 5-element lens

Video Playback  : MPEG4 hingga 1080p
Perekam Video : MPEG4 hingga 1080p @30fps
Slot Audio : 3,5mm
Audio : MP3/3GP/AAC/AAC+/DivX/Xvid/H.263/H.264
Peramban : Google/Youtube/WAP
Pesan : SMS/MMS/IM/E-mail
Surel : Google Mail/Exchange/POP3/IMAP4/SMTP
Sensor : Accelerometer/Light/Microphone/Proximity Sensor
HargaRp 2.099.000

Kesimpulan

Biasanya saya tidak memiliki masalah dengan ponsel yang didukung oleh prosesor ini, terutama Snapdragon 615, saya khawatir apabila ZenFone beserta perangkat lunaknya (termasuk Zen UI) dapat memperlambat kinerja yang akan menghambat pengalaman pengguna. Seperti pada kasus ZenFone Selfie, yang menggunakan Qualcomm Snapdragon 615.

Jika tidak, ZenFone 2 Laser memiliki spesifikasi yang patut diacungi dua jempol, meskipun itu benar-benar tergantung pada versi yang kita peroleh.

* * *

Tulisan ini saya ikutsertakan pada ASUS ZenFone Fiesta Writing Competition yang diadakan dari 4 Februari - 4 Maret 2016.

Baca Juga Artikel Pilihan:

Komentar

  1. keren ini HP asus ni jadi kepingin beli,,,bisa di bookmark ini web ini,supaya tau informasi baru

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silakan bookmark blog ini, Rizal. Saya selalu menghadirkan ulasan-ulasan terbaru dari ASUS.

      Hapus
  2. keren banget asus
    apalagi kamera nya suka banget

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tentu. ZenFone 2 Laser cocok untuk perempuan yang hobi selfie seperti Jihan.

      Hapus
  3. Sepknya keren nih jadi kepengen :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nabung dulu saja, Dary. Atau bisa cicil pakai kartu kredit.

      Hapus
  4. alhamdulillah harganya lumayan lah buat anak kost.. terjangkau gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe, ASUS memang mengerti kebutuhan dan kemampuan finansial semua kalangan, gan. Termasuk anak kost.

      Hapus
  5. Harganya lumayan bersahabat nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya untuk ukuran smartphone keren, ZenFone 2 Laser termasuk terjangkau sekali.

      Hapus
  6. suka banget sama asus
    kamera dan specs lain nya cukup memuaskan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, Jihan.

      ASUS memang selalu mengandalkan spek yang mumpuni supaya pengguna tetap nyaman dan setia menggunakan produknya.

      Hapus
  7. Spesifikasi nya WOW bnget Tapi Sayang belum punya Budget segitu :(

    BalasHapus
  8. lumayan nih nambah pilihan buat pertimbangan beli hp nanti. kekurangnnya apa nih gan ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sayangnya ZenFone 2 Laser tidak mendukung resmi Android 6.0 "Marshmallow". Tapi Rahmat bisa coba dulu untuk meng-update-nya.

      Hapus
  9. Asli keren banget gan hp hp yang dipasang diatas. Bisa jadi referensi untuk beli lain waktu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siapkan dananya dari sekarang, kawan.

      Hapus
  10. Balasan
    1. Silakan menabung, Nikki. Atau dicicil perbulan saja.

      Hapus
  11. wii muraah
    jadii pengen belii

    BalasHapus
  12. cocok nih buat daftar hp yang mau ane beli

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silakan tambahkan ke daftar belanja, Ryan.

      Hapus
  13. Temen ane udah make dan hasilnya emang bener bener jos gan

    BalasHapus
  14. Kayaknya mantapi nih smartphone, harganya juga lumayan

    BalasHapus
  15. Nabung dulu ah, tapi kalau ada yg mau tt sama redmi 2 saya boleh2 aja :D

    BalasHapus

Posting Komentar