The Green Mile (1999): Perspektif Pengorbanan dalam Hidup

john coffey michael clarke duncan

Meskipun banyak klise dan stereotip, para pemeran The Green Mile berhasil mengangkat derajat cerita sehingga mampu membuat penonton takjub dan terhibur.

* * *

Sutradara : Frank Darabont
Skenario : Frank Darabont
Sinematografi : David Tattersall
Pemeran : Tom Hanks, Michael Clarke Duncan, David Morse, Bonnie Hunt, James Cromwell, Michael Jeter, Graham Greene, Doug Hutchison, Sam Rockwell, Barry Pepper, Jeffrey DeMunn, Patricia Clarkson, Harry Dean Stanton, Dabbs Greer, Eve Brent.
Produksi : Castle Rock Entertainment
Tanggal rilis : 10 Desember 1999
Durasi : 188 menit
Nominasi Oscar : 4 (Tidak satu pun menang)

Pada tahun 1994, sutradara sekaligus penulis skenario Frank Darabont mengadaptasi novella karya Stephen King berjudul Rita Hayworth and Shawshank Redemption ke layar lebar dengan judul The Shawshank Redemption. Lewat film tersebut, ia menerima banyak pujian dan kritik dari berbagai kalangan tetapi dengan nilai pemasukan yang terbilang minim.

Lima tahun berlalu, Darabont kembali merilis The Green Mile yang juga hasil adaptasi novella karya Stephen King dengan tema serupa.

Kita akan dibawa ke tahun 1935, di mana Paul Edgecomb (Tom Hanks) bekerja dengan sesama penjaga, yaitu Brutus "Brutal" Howell (David Morse), Harry Terwilliger (Jeffrey DeMunn), dan Dean Stanton (Barry Pepper). Suatu hari, John Coffey (Michael Clarke Duncan), seorang pria Afrika-Amerika yang dihukum karena tuduhan perkosaan dan pembunuhan dua gadis muda kulit putih, tiba di penjara. John sangat pemalu, bersuara lembut, dan orang yang sangat matang secara emosional. Tentu sangat berbeda dengan penjahat pada umumnya.

Berikutnya kita akan dipertontonkan adegan-adegan menegangkan seperti saat Paul dan kawan-kawan kedatangan 'tamu', William Wharton (Sam Rockwell), seorang psikopat yang dikirim ke Green Mile karena kasus perkosaan dan pembunuhan sadis. Paul yang bersifat dingin tentu kewalahan menghadapi "Wild Bill" sendirian, tetapi ia dapat menanganinya dengan bantuan sesama sipir.

Proses eksekusi hukuman mati penghuni penjara juga digambarkan dengan jelas dalam film ini.

tom hanks as Paul Edgecomb in The Green Mile

Sama halnya dengan Titanic (1997), film ini melewati batas lebih dari dua jam (durasi film sekitar 3 jam dan 20 menit). Namun The Green Mile mampu mengangkat alis penonton hingga penghujung film. Penonton seakan melihat Tom Hanks dan Michael Clarke Duncan sebagai Morgan Freeman dan Tim Robbins di film The Shawshank Redemption, tentu dengan perawakan dan watak yang berbeda.

The Green Mile adalah sebuah film yang luar biasa karena berhasil menampilkan akting yang kuat dari para aktor, aktris, bahkan Mr. Jingles (seekor tikus sirkus). Frank Darabont mengarahkan film penjara lain dengan arah yang tegas: humanisme.

Penilaian : 8 dari 10

Baca Juga Artikel Pilihan:

Komentar