Cara Memulai Blogging untuk Blogger Pemula

tips cara membuat dan memulai blog

Apakah kamu ingin mendirikan sebuah blog untuk mempromosikan barang dan jasa? Atau kamu sekadar ingin membagikan pemikiranmu kepada orang lain? Blogging bisa menjadi solusi karena relatif mudah dipelajari dan murah, kamu bisa memulainya dengan menggunakan layanan blog gratis seperti Blogger atau WordPress.

Blog juga bisa menjadi penopang sebuah situs web bisnis yang mana para pengunjung yang membaca artikel di situs web tersebut diarahkan ke halaman depan yang menampilkan produk maupun jasa yang ditawarkan.

Berikut kiat-kiat yang dapat kamu praktekkan saat memulai blogging.

1. Tentukan Tema Blog

Tanyakan pada diri kamu sendiri hal yang kamu sukai, minati, dan ingin kamu bagikan kepada orang lain. Jika kamu indin menulis berkala tentang suatu topik, maka informasi tersebut harus sesuai dengan passion dan pengalaman kamu sehari-hari.

Sebagai contoh saya tulis jabarkan beberapa topik blog yang dapat kamu pilih:

  • Teknologi dan sains. Pada era digital seperti saat ini, manusia sangat bergantung dengan teknologi. kamu bisa tulis berita teknologi terkini, atau bisa juga ulasan barang elektronik yang baru kamu beli.
  • Film dan musik. Buat sebuah ulasan tentang film atau musik terbaru yang kamu sukai. Bisa juga membahas film dan musik lawas yang menjadi favorit kamu sepanjang masa.
  • Makanan. Siapa yang tidak doyan makanan? Bagikan resep kesukaan kamu, tulis ulasan makanan lokal atau restoran-restoran di sekitar kamu.
  • Politik. Setiap orang tentu memiliki pkamungan politik, tetap objektif dan tidak tendensius.
  • Bisnis pribadi. Blog tidak melulu soal hobi dan opini. Blog bisa diisi dengan informasi terbaru seputar produk atau jasa yang kamu tawarkan.

Tema blog "how to" atau kiat untuk membantu orang lain menemukan solusi yang dihadapi. Topik blog bisa lebih umum jika kamu memiliki tujuan mulia tersebut.

  • Ajarkan sesuatu. Jika kamu memiliki passion akan suatu subjek, dan kamu memiliki pengalaman di bidang tersebut, kamu dapat membagikan pengetahuanmu kepada orang lain dengan menulisnya di blog.
  • Buat orang tertawa. Apakah kamu orang yang lucu dan bisa membuat orang lain tertawa? Tidak peduli humor yang kamu bawa, selama tidak menyakiti perasaan orang atau kelompok tertentu maka tulislah di blog.
  • Jadilah sumber inspirasi dan motivasi. Rintangan hidup yang pernah kamu hadapi tentu membuat kamu semakin kuat menjalani kehidupan. Tak ada salahnya membagikannya kepada orang lain.

2. Pilih Nama Blog

Cari nama yang pas untuk blog kamu. Carilah inspirasi di sekitar kamu, bisa bersumber dari nama sendiri, keluarga, atau hewan peliharaan. Gunakan nama yang mudah diingat, tidak terlalu singkat dan tidak pula terlalu panjang.

3. Teliti Kata Kunci yang Berhubungan dengan Blog kamu

Selidiki kata kunci atau keyword relevan yang ingin kamu tulis, sekaligus lihat persaingan kata kunci di mesin pencari. Topik seputar keyword sudah saya bahas di sini.

4. Pilih Platform Blog

Tentukan situs penyedia layanan blog, Blogger dan WordPress adalah yang paling populer di antara penyedia layanan lainnya.

  • Blogger: Blogger sudah terintegrasi dengan produk Google lainnya, seperti Google+, Drive, dan Maps. Blogger mempermudah penggunanya untuk mendapatkan pengunjung dari mesin pencari.
  • WordPress: Berbeda dengan WordPress.com, WordPress.org memakan waktu yang cukup lama untuk proses instalasi dan perancangan. Jika kamu menggunakan WordPress.com, maka kamu menggunakan hosting gratis. Sementara itu, WordPress.org membutuhkan hosting dan domain pribadi. WordPress disukai karena tampilannya lebih profesional dan SEO friendly.
  • Webs.com: Webs adalah website builder yang telah ada sejak tahun 2001. Segala sesuatu tentang website builder ini disesuaikan dengan fitur drop dan tarik. Apa yang lebih baik tentang pembangun ini, adalah bahwa kamu tidak memerlukan keterampilan teknis. Segala sesuatu yang kamu perlu tahu tentang apa yang kamu inginkan termasuk dalam blog kamu di depan kamu dengan mudah untuk melihat / membaca opsi. Situs pribadi mulai gratis tanpa masa percobaan. Tentu saja jika kamu ingin beberapa fitur yang disempurnakan kamu perlu membayar sejumlah biaya tambahan.
  • Tumblr: Situs micro-blogging yang unik dan sederhana. Tampilannya user friendly dan bisa meletakkan iklan di blog. Untuk informasi selengkapnya, baca Cara Membuat Akun Tumblr.
  • Blogdetik: Platform blog asli buatan Indonesia yang memiliki pengguna aktif lebih dari ribuan blogger lokal.

5. Promosikan Blog

Promosi bisa dilakukan dengan membuat fanpage Facebook, membuat akun Twitter, membuat video di Youtube, beriklan di situs lain, dan memanfaatkan SEO (Search Engine Optimization).

Baca Juga Artikel Pilihan:

Komentar

  1. tips nya untuk pemula sekali ya :)
    salam kenal

    BalasHapus
  2. Tipsnya sangat membantu.. Salam kenal dan salam blogger..

    Jika ada waktu, kunjungi blog ku juga ya -> http://tulisan-pelajar-polos.blogspot.com

    BalasHapus

Posting Komentar