One-Punch Man: Dipuji Tak Melayang, Dicaci Tak Tumbang

saitama onepunch man bald

Anime terbaru yang diangkat dari manga berjudul sama langsung menggugah minat para penikmat anime di berbagai belahan dunia, tak terkecuali di Indonesia.

* * *

ONE-PUNCH MAN

Sutradara : Shingo Natsume
Skenario : Tomohiro Suzuki
Pengisi suara : Makoto Furukawa, Kaito Ishikawa, Aoi Yuki.
Produksi : Madhouse
Tanggal penayangan: 5 Oktober - 21 Desember 2015
Jumlah episode : 12 + 6 OVA

Di dunia kepahlawanan kita mengenal kelompok Justice League of America dan The Avengers yang gemar membasmi kejahatan kapan pun dan di mana pun. Di lain tempat, tepatnya di kota Z, juga ada Saitama, seorang pria pengangguran berusia 25 tahun yang sering mengalami bullying sedari kecil. Kehidupannya datar sehingga membuat dirinya tak tahan untuk  keluar dari kondisi yang suram tersebut.

Segalanya berubah ketika ia menyelamatkan seorang anak kecil dari serangan makhluk jahat.

Sejak saat itu ia berlatih keras sampai botak. Setiap hari ia bergerak menolong orang-orang lemah yang terancam nyawanya. Hasil latihannya begitu signifikan. Ia kini memiliki kekuatan maha dahsyat hingga sanggup menaklukkan musuhnya hanya dalam satu kali pukulan. Ia memiliki seragam superhero yang khas berwarna kuning dengan desain ketat, sabuk, serta sepatu merah dan sarung tangan merah. Ketika tak sedang bertugas, Saitama sering mengenakan hoodie bertuliskan "oppai" (dalam bahasa Jepang bermakna "payudara").

Saitama One-Punch Man versus Lord Boros

Petualangan Saitama berlanjut, ia bertemu kawan-kawan baru, murid berwujud cyborg bernama Genos, dan bergabung dengan Asosiasi Pahlawan untuk memperoleh ketenaran atas jasa-jasanya menumpas kejahatan.

Saitama memang mengharapkan ketenaran, tetapi bukan berarti ia gila hormat. Hal itu ia lakukan supaya orang lain tak memandang rendah dirinya meski berpenampilan fisik polos.

Yang menarik ini, kekuatan dahsyat masing-masing anggota Asosiasi Pahlawan maupun musuh-musuh yang muncul (secara tiba-tiba) dieksploitasi dengan sangat apik dan biadab. Maka jangan kaget apabila satu serangan dapat menciptakan kehancuran laksana bom nuklir yang mampu memorak-porandakan satu kota dan merusak tatanan atmosfer.

saitama one punc man


Secara keseluruhan, di luar kelemahan-kelemahan yang ada berdasarkan ekspektasi masing-masing penonton, One-Punch Man tetaplah suguhan anime yang menghibur lagi membakar semangat. Karakter Saitama layak disandingkan dengan jajaran "monster" di belantara anime bersandingan dengan Son Goku, Luffy, dan Naruto.

Penilaian : 9 dari 10

Baca Juga Artikel Pilihan:

Komentar