Keeksklusifan Produk-Produk Google

produk google - google plus, gmail, maps, drive, blogger, youtube, calendar

Google semakin di depan dalam menyediakan layanan berbagai kebutuhan pengguna internet, mulai dari surat elektronik (Gmail), peta (Google Maps), web berbagi video (YouTube), media penyimpanan (Google Drive), media sosial (Google+), penerjemah (Google Translate), hingga publikasi blog (Blogger/Blogspot). Beberapa di antara produk Google (sekarang di bawah naungan perusahaan Alphabet) tersebut merupakan produk asli buatan Google, sebagian lagi hasil akuisisi dari perusahaan rintisan.

Kita tentu tak asing lagi dengan layanan yang terakhir saya sebutkan di atas. Ya, Blogger masih jadi primadona bagi Google karena cukup mendatangkan banyak pemasukan dari iklan (Adsense). Blogger merupakan salah satu layanan yang diakuisisi oleh Google, tepatnya dari perusahaan Pyra Labs pada tahun 2003.

Awalnya, setiap pengguna dapat menggunakan surel selain Gmail untuk mendaftar sebagai pengguna Blogger. Namun, Google memindahkan data pengguna ke akun resmi Google sejak 2007 sehingga hanya pengguna Gmail saja yang dapat menggunakan Blogger. Google kembali melakukan terobosan dengan mengintegrasikan Blogger dengan akun Google+.

Terobosan tersebut sempat memunculkan pro dan kontra dari pengguna maupun pengamat internet. Pihak yang setuju beranggapan bahwa integrasi ini memudahkan sekaligus menjadikan kegiatan berselancar mereka di internet lebih praktis. Lain lagi dengan pihak yang menentang karena beranggapan Google terlalu mengikat penggunanya.

Sebagai bagian dari rencana integrasi, mulai 11 Januari, Blogger akan menghapus jalan melalui Twitter, Yahoo, Orkut atau penyedia OpenID lain untuk masuk ke Google Friend Connect dan mengikuti blog. Pada saat yang sama, Blogger akan menghapus profil akun non-Google sehingga pengguna mungkin melihat penurunan jumlah pengikut blog.

Baca Juga Artikel Pilihan:

Komentar