5 Pemain Arsenal Layak Jual pada Bursa Transfer Musim Panas

arsenal squad photo session
Setelah finish di peringkat ketiga di Liga Utama Inggris musim lalu, Arsenal harus berbenah demi mendapatkan hasil lebih baik di musim depan. Gelar Piala FA beruntun dalam dua musim terakhir, tak lantas membuat Gooners berpuas diri. Dengan pasukan yang ada saat ini, Arsenal belum begitu menakutkan di kancah Eropa, setidaknya itu yang sering dikatakan oleh para pendukung Real Madrid, Barcelona, atau Bayern Munich.

Bursa transfer adalah momen yang tepat untuk merombak tim yang ada saat ini. Pemain yang datang diharapkan bisa bermain lebih baik daripada para deadwood yang tidak terlalu berkontribusi bagi tim.

Sebagai pendukung Arsenal, saya mengumpulkan beberapa nama pemain yang layak untuk dilepas ke tim lain. Penilainnya tentu subjektif, tapi saya tahu sesama pendukung Arsenal juga memiliki keresahan yang sama. Saya tidak ingin membahas pemain-pemain yang layak menggantikan posisi mereka, kurang etis rasanya menggosipi pemain lain di tengah bulan Ramadhan ini.

1. Mathieu Flamini

mathieu flamini arsenal
Flamini tidak bermain bagus ketika ia kembali ke Arsenal 2 tahun lalu. Ia lebih sering merugikan tim ketika berada di lapangan. Ia kerap bermain ceroboh, kurang teknis, dan cenderung kasar. Lagipula ia tidak memiliki bakat istimewa dibanding juniornya, Francis Coquelin.

Melepasnya di bursa transfer musim panas lebih baik daripada menunggu masa kontraknya habis.

2. Olivier Giroud

Olivier Giroud Arsenal
Bermodalkan gelar Ligue 1 dan pencetak gol terbanyak musim 2011-12, ia digadang akan jadi penerus Robin van Persie di Arsenal. Sayangnya, ekspektasi Gooners yang sedikit berlebihan ternyata jauh dari harapan, setidaknya itu terbukti dari penampilannya selama berseragam Arsenal.

Keduanya adalah tipe striker yang berbeda dari segi teknis dan fisik. Giroud sering disebut sebagai striker papan pantul, dan ia lebih sering membantu lini pertahanan. Sebaliknya, RvP adalah striker penjemput bola, pembuka ruang, eksekutor tendangan yang handal, dan jarang mundur mebantu tim di kala bertahan. Tipe striker seperti RvP jauh lebih dibutuhkan Arsenal saat ini mengingat tempo permainan cepat dari Alexis Sanchez, Mesut Ozil, dan Theo Walcott dapat dipatahkan dengan mudah oleh Giroud yang lelet.

3. Yaya Sanogo

yaya sanogo
Piala Dunia U-20 tahun 2013 menjadi ajang pencarian pemain muda bertalenta bagi beberapa pelatih dan scout, tak terkecuali Arsene Wenger. Namun bukan Paul Pogba, Geoffrey Kondogbia, atau Kurt Zouma, Le Professeur lebih tertarik mendatangkan Sanogo yang saat itu adalah pencetak gol terbanyak Perancis di ajang tersebut.

Sanogo tampil 20 kali membela Arsenal sejak 2013 dan tampil 11 kali saat dipinjamkan ke Crystal Palace musim lalu. Dua gol yang telah ia cetak dalam 3 musim menahbiskan dirinya sebagai striker paling menakutkan di Inggris (lebih tepatnya menakutkan bagi pendukung Arsenal dan Crystal Palace).

4. Lukas Podolski

lukas podolski galatasaray
Kelincahan dan tendangan gledek Poldi sewaktu muda mengundang decak kagum banyak orang. Piala Dunia 2006 dan 2010 serta Euro 2008 adalah bukti bahwa ia adalah pemain berkualitas. Setelah malang melintang di Bundesliga (mondar mandir di Bayern Munich dan FC Köln), akhirnya Wenger kepincut untuk merekrutnya.

Podolski datang saat masa keemasannya nyaris diujung tanduk. Finishing-nya memang kelas wahid, tapi gaya bermainnya kurang cocok dengan Arsenal, bahkan jika ia dipasang sebagai striker pun tidak lebih bagus daripada Walcott. Podolski tidak dapat dibilang bagus, tapi juga tidak terlalu jelek.

Galatasaray adalah pilihan yang tepat baginya.

5. Ryo Miyaichi

ryo miyaichi arsenal
Ryo tidak pernah tampil rutin bersama Arsenal sejak direkrut pada tahun 2011. Entah apa yang membuat Wenger tertarik merekrutnya, sekaligus meminjamkannya selama hampir 5 musim ke klub lain. Bakatnya tidak terlalu menonjol dan perkembangannya cenderung stagnan.

Bagaiamana menurut kalian, ada tambahan?

Baca Juga Artikel Pilihan:

Komentar

  1. Hi? I love your blog! I wonder what is theme name? I want use this theme on my blog. Thank you :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. I use Gridz Template from Theme Expose. It's a free version, but you can purchase for the premium one.

      Hapus

Posting Komentar