Memorizing Like an Elephant: Belajar Melatih Daya Ingat

Judul : Memorizing Like an Elephant
Penulis : Yudi Lesmana
Penerbit : Kepustakaan Populer Gramedia
Kota Terbit : Jakarta
Tahun Terbit : 2014
Deskripsi Fisik : viii + 182 halaman; 14 x 21 cm.
ISBN : 978-979-91-0750-3

Hai, saya Yusuf dan saat ini saya bekerja sebagai penulis lepas dan blogger. Sebagai seorang penulis, saya dituntut untuk memiliki pengetahuan yang luas, kreativitas, dan daya ingat yang kuat. Setiap detik, setiap waktu, saya mengecek berita terkini di portal daring atau sesekali menontonnya di televisi. Tak lupa saya membuka forum-forum seperti Kaskus dan DetikForum untuk menambah wawasan sekaligus berdiskusi dengan netizen.

Ketika saya membaca tulisan dari Kak Yudi Lesmana di buku “Memorizing Like an Elephant” permasalahan pertama saya adalah saya memiliki kecenderungan menghafal dengan cara yang membosankan dan mudah dilupakan. Seperti anak-anak atau orang dewasa lainnya, saya lebih sering menghafal berbagai materi pelajaran di sekolah. Metode menghafal yang membosankan dan kurang tepat ternyata berpengaruh hingga saya dewasa. Pikiran saya pun ‘terlatih’ untuk mengingat sesuatu dengan cara menghafalnya secara tekstual atau mentah-mentah. Saya terbiasa mengingat barisan password xyz123, nomor telepon saya sendiri dan kerabat, bahkan barang-barang penting di rumah dengan cara kuno (baca: hanya diulang terus menerus). Saya menyadari kalau saya membutuhkan metode lain supaya saya bisa mengingat banyak hal sehingga tak ada satu pun yang terlewatkan.

"We do not remember days, we remember moments." - Cesare Pavese
memorizing like an elephant yudi lesmana


Di buku “Memorizing Like an Elephant” saya belajar banyak sekali kiat sehingga saya dapat memilih metode terbaik untuk melatih fokus saat mengingat. Misalkan saja rahasia otak yang jarang diketahui banyak orang, atau kebiasaan lupa yang sulit dihindari. Otak kita memiliki puluhan ribu atau lebih saraf neuron yang terus berkembang jika kita terus melatihnya. Pemilihan metode yang tepat serta latihan rutin akan berpengaruh terhadap peningkatan daya ingat dan mencegah pikun.

Tak sampai di situ saja, saya diajarkan untuk meningkatkan imajinasi ketika mengaplikasikan metode rantaian, lokasi, dan subtitusi sehingga saya dapat mengingat benda, angka, peta, bahkan nama dan wajah orang yang baru saya kenal.

Kalau menghafal 10 macam benda atau 10 deret angka mungkin masih terlalu mudah bagi kita, lantas bagaimana jika ditambah ratusan benda dan deret angka lainnya? Jangan takut, karena Grand Master of Memory, Yudi Lesmana, akan mengajarkan kepada kita cara mengingat yang efektif dan optimal setahap demi setahap.

Seperti Deddy Corbuzier katakan dalam testimoninya di buku ini bahwa buku ini mudah dicerna dan dipraktekkan siapapun. Buku ini dapat menyelamatkan hidup kita... Suatu hari nanti.

Jadi buat kamu ingin tahu lebih banyak bagaimana kita bisa belajar mengingkatkan daya ingat dan menemukan kiat yang bermanfaat dari buku “Memorizing Like an Elephant”, buku ini bisa kamu dapatkan di toko buku kesayanganmu. Yuk latih daya ingat kita!

Baca Juga Artikel Pilihan:

Komentar