WordPress vs Blogger, Mana yang Lebih Cocok untuk Pemula dan Profesional?

wordpress versus blogger
Ada banyak pilihan platform blog yang dapat kamu gunakan untuk ngeblog. Hingga saat ini, WordPress dan Blogger masih menjadi penyedia platform blog yang paling banyak digunakan.

Saya memulai petualangan ngeblog sejak tahun 2008 menggunakan WordPress.com (versi gratis) dan mulai beralih ke Blogger sejak 2010. Selain itu, saya juga menggunakan WordPress.org (versi berbayar) sebagai staf penulis di AnakFilm dan MajalahGame.com.

Perdebatan mengenai platform blog terbaik antara WordPress dengan Blogger tak pernah menemui titik temu. Saya tidak tahu alasan setiap orang yang memilih platform tertentu, yang jelas setiap orang bebas menilai produk mana yang lebih unggul secara objektif maupun subjektif.

Saya tidak tahu platfom mana yang jadi favorit kalian dan apa alasannya. Bisa saja karena banyak yang menggunakannya, atau kadung cinta dengan platform yang dipakai saat ini. Tapi, sebelum saya mendengar alasan kalian memilih salah satu diantara kedua platform blog ini, saya ingin mengutarakan ulasan saya berdasarkan pengalaman pribadi.

Kepemilikan, Keamanan, dan Kehandalan

Blogger: Layanan blogging ini desediakan oleh perusahaan raksasa teknologi Google. Platform ini bebas kamu gunakan untuk berbagai kepentingan, kehandalan dan keamanannya pun telah teruji karena hosting dan domain (blogspot) dimiliki dan dikelola dengan baik oleh om kesayangan kita ini. Tapi, banyak persyaratan yang wajib dipatuhi oleh para pengguna. Google memberikan layanan ini secara gratis untuk penggunanya, maka tak heran jika hak siar dan pencabutan blog ada di tangan mereka sendiri.

WordPress.com: Tak berbeda jauh dengan Blogger, platform ini dapat dibuat dan dikelola secara gratis. Kepemilikan, keamanan, serta kehandalannya dapat diandalkan.

WordPress.org: Platform ini membutuhkan layanan domain dan hosting yang kamu beli sendiri. Kamu bebas untuk memutuskan berapa lama mengelolanya kemudian menutupnya. Kamu bebas mengontrol semua data dan informasi pribadi/perusahaan tanpa perlu takut akan keberadaan pihak ketiga.

Fitur

fitur dashboard blogger
Tampilan dashboard Blogger

Blogger memiliki fitur lengkap, mulai dari buat posting dan laman, moderasi komentar, melihat statistik blog, menampilkan Adsense di blog, tata letak, edit template, hingga setelan. Kamu dapat menambahkan widget yang telah disediakan oleh Blogger maupun oleh pihak ketiga (berupa JavaScript, jQuery, CSS, dan HTML.

Tampilan dashboard WordPress.com

WordPress.com juga menyediakan fasilitas yang mumpuni meski tak selengkap WordPress.org. Kamu dapat menggunakan fitur Domain Mapping Upgrade dengan membayar $18/tahun atau hanya $13 jika kamu sudah memiliki domain sendiri. Dari sisi bisnis, pengguna dapat bergabung dengan jaringan WordAds untuk memperoleh uang dari blog yang kamu kelola. Sayangnya, kamu tidak dapat menambahkan widget dari pihak ketiga layaknya Blogger dan WordPress.org.

Tampilan dashboard WordPress.org

WordPress diberkahi dengan plugin berkualitas dan fitur-fitur yang selalu diperbarui. Fitur-fitur tersebut antara lain pengeditan struktur link, pemasangan widget dari pihak ketiga, pemasangan iklan dari pihak manapun, sistem moderasi komentar dan spam, serta berbagao fitur lainnya.

Tampilan

screenshot yusabdul
Tampilan blog saya yang menggunakan Blogger (Blogspot)

Blogger menyediakan satu set template default untuk digunakan, antara lain sederhana, tampilan dinamis, jendela gambar, PT Keren sekali, tanda air, kelembutan, dan perjalanan. Kamu dapat memodifikasi warna dan tata letak template tersebut menggunakan fitur Edit HTML dan Tata Letak. Ada beberapa template Blogger non-resmi yang tersedia, tetapi biasanya membutuhkan biaya tambahan untuk dapat menggunakannya.

screenshot blog chikastuff
Ini blog Chika yang menggunakan WordPress.com

WordPress.com menyedikan ratusan tema, baik gratis maupun berbayar. Semuanya dapat digunakan oleh setiap pengguna setelah menyetujui persyaratan yang ada.

screenshot anakfilm
Tampilan situs AnakFilm yang menggunakan WordPress.org sebagai platform-nya.

Ada ribuan tema WordPress.org, baik gratis ataupun premium yang memungkinkan situs web yang kamu kelola terlihat profesional. Ada tema WordPress untuk hampir setiap jenis situs apapun niche-nya, Kamu akan menemukan banyak tema berkualitas tinggi yang mudah untuk dimodifikasi dan disesuaikan.

Search Engine Optimization

Sebagai salah satu produk Google, Blogger tidak menjamin blog penggunanya bertengger di hasil pencarian teratas mesin pencari. Google hanya mengintegrasikan Blogger dengan Google+, Feedburner, dan Peta Situs.

Begitu pun sebaliknya, WordPress.com dan WordPress.org juga tak menjamin pemilik situs/blog dapat bersaing di mesin pencari meskipun memiliki pilihan plugin yang lebih banyak dan canggih dari Blogger. Semua kembali kepada usaha pengguna memaksimalkan sumber daya yang ada untuk merajai SEO.

Komunitas dan Dukungan

Blogger tidak banyak mengakomodasi dukungan kepada penggunanya. Mereka hanya memiliki dokumentasi yang sangat dasar di Blogger Buzz (blog resmi Blogger) dan forum pengguna. Dalam hal dukungan, pengguna harus mandiri dengan bergabung ke komunitas lain dan mencari tutorial di internet.

WordPress memiliki sistem dukungan pengguna yang sangat aktif. Ada dokumentasi daring, forum komunitas, dan ruang ngobrol IRC di mana kamu dapat memperoleh bantuan dari pengguna WordPress yang berpengalaman dan pengembang. Terlepas dari dukungan masyarakat, ada banyak perusahaan yang menawarkan dukungan premium untuk WordPress.

Kesimpulan

Blogger dan WordPress.com lebih cocok untuk blogger pemula yang tak ingin disibukkan dengan proses instalasi serta pengaturan domain dan hosting. Sebaliknya, WordPress.org lebih unggul dalam hal fitur serta tampilan, karena itu sangat cocok bagi para profesional.

Saya berharap bahasan WordPress vs Blogger ini dapat menambah pengetahuanmu mengenai kelebihan serta kekurangan dari masing-masing platform sehingga membantumu dalam menentukan pilihan yang tepat. Untuk mempelajari tutorial Blogger dan WordPress lebih lanjut, saya sarankan kamu berlangganan artikel blog ini dan mengikuti saya di Facebook, Twitter, dan Google+.

Saya menyediakan plugin di bawah ini supaya dapat menampung aspirasi pembaca, silakan isi sesuai pilihan masing-masing.

Baca Juga Artikel Pilihan:

Komentar

Posting Komentar