Saya dan Samsung GALAXY Note Edge

Samsung GALAXY Note Edge
Tampilan depan Samsung GALAXY Note Edge. (Sumber: MKBHD)
Perkenalkan nama Yusuf Abdul Qohhar, kegiatan sehari-hari saya adalah menulis di blog dan media online. Kali ini saya akan membahas perihal phablet keren dan mutakhir dari merek ternama Samsung, yaitu GALAXY Note Edge. Walaupun saya belum memilikinya, tetapi saya akan mengulasnya sebagai bentuk keinginan yang terpendam.

Bicara mengenai merek Samsung, terutama produk ponsel dan tablet, tak lepas dari ciri khas yang menjadi identitas perusahaan, yaitu inovasinya yang terdepan dan berani meluncurkannya pertama kali kepada publik. Bahkan tak sedikit orang-orang menganggap perusahaan ini terlalu ambisius. Kita tahu bahwa Samsung bukanlah pelopor teknologi layar lengkung yang diterapkan di ponsel, kita lebih dulu mengenal produk layar tv lengkungnya. Pada akhirnya, Samsung juga menerapkan teknologi tersebut di berbagai produk ponselnya.

Peluncuran GALAXY Note Edge menimbulkan decak kagum dan disambut positif oleh pecandu teknologi. Pasalnya, Samsung melengkapi phablet ini dengan fitur-fitur bombastis dan desain yang begitu molek. Pada Maret tahun ini, Samsung juga resmi meluncurkan GALAXY S6 dan S6 Edge (yang juga menerapkan konsep edge yang diaplikasikan di Note Edge).

samsung galaxy note edge specs
Spesifikasi Samsung GALAXY Note Edge.
Note Edge tampaknya menjadi populer di kalangan konsumen, sebagaimana dicatat oleh Phone Arena. "Menurut publikasi Korea Selatan, Note Edge telah terjual sebanyak 630.000 unit. Itu hanya sebagian kecil dari penjualan Note secara keseluruhan. Padahal Samsung berhasil menjual sebanyak 4,5 juta unit Note 4 di bulan pertama. Namun, tampak bahwa Edge mengambil langkah yang baik agar dapat terjual jutaan unit."

Melihat foto dan spesifikasi GALAXY Note Edge di atas, saya jadi ingin segera membeli dan menggunakannya. Tetapi sebelum mimpi itu terwujud, saya akan berimajinasi terlebih dulu tentang apa saja yang dapat saya lakukan dengan GALAXY Note Edge ketika saya sudah memilikinya. Setidaknya walau hanya bisa menuliskan imajinasi saya tanpa memiliki produk tersebut, semoga tetap bisa bermanfaat untuk kawan-kawan yang membaca tulisan ini.

Berikut 10 Aktivitas yang akan saya lakukan jika mempunyai Samsung GALAXY Note Edge.

1. Menonton Film Kualitas HD

Kualitas layar Samsung GALAXY Note Edge mengusung Quad HD + Super AMOLED. (Sumber: PhoneDog)
Tren menonton film di bioskop memang belum tergantikan hingga saat ini, tapi pergeseran penggunaan gawai sebagai media pemutar film kian meningkat seiring bertambahnya pengguna perangkat ponsel di dunia. Hal inilah yang memotivasi Samsung untuk memberikan fasilitas terbaik kepada pengguna untuk menonton film di GALAXY Note Edge.

Sajian saturasi warna yang jernih dan resolusi 1600 x 2560 pixels QuadHD (QHD) ditambah display Super AMOLED jadi magnet tersendiri bagi penikmat phablet beresolusi raksasa dengan kualitas nomor wahid. Tak hanya itu, layar GALAXY Note Edge juga dilengkapi pelindung Corning Gorilla Glass 3 serta penerapan inovasi curved edge screen yang hanya dimiliki Samsung.

Bagi ukuran tangan orang Asia — termasuk saya — dimensi GALAXY Note Edge terbilang cukup besar sehingga memerlukan genggaman dua tangan. Namun, hal yang kadang merepotkan tersebut terbayar lunas dengan kualitas layar yang mumpuni sehingga memanjakan mata saya ketika menonton video atau film di Note Edge.

2. Jelajahi Internet dengan Lebih Cepat dan Efisien

internet cepat buat ini lho
Sumber: CanStockPhoto

Sebagai seorang penulis lepas sekaligus mahasiswa tentu saya dituntut untuk selalu mendapatkan informasi terkini yang terjadi di dalam dan luar negeri. Internet merupakan salah satu referensi saya untuk memperoleh informasi tersebut, tentunya setelah surat kabar, televisi, dan radio.

Samsung menawarkan tiga pilihan jaringan internet di GALAXY Note Edge, yaitu: 2,5G (GSM/GPRS/EDGE), 3G (HSPA), dan 4G (LTE). GALAXY Note Edge berhasil memikat hati saya dan penggila jelajah internet karena juga menyediakan WiFi sebagai pilihan sekunder jika berada di area bersinyal (Hotspot Area). Dengan dilengkapi amunisi jaringan yang mumpuni, saya tak perlu menunggu loading laman situs yang berat sekalipun, mengunduh dan streaming video, melakukan panggilan video, atau sekadar bermain game online.

3. Mengabadikan Momen Lebih Sering

selfie camera samsung galaxy note edge
Hasil kamera depan GALAXY Note Edge (Sumber: Samsung Mobile USA)
Seperti biasa, Samsung selalu menghadirkan produk dengan kamera berkualitas, dan selalu menjadi favorit kami di pasaran. Berbagai mode pengambilan gambar yang berbeda, termasuk HDR dan Panorama serta banyak filter dan pilihan editing untuk memberikan sentuhan akhir untuk foto yang kita ambil. Seperti GALAXY Note 4, Note Edge juga dapat mengambil gambar 4K.

Saya senang mengabadikan momen-momen tertentu (bisa dilihat di akun instagram saya), GALAXY Note Edge bisa jadi solusi bagi saya untuk menghasilkan foto-foto berkualitas tinggi karena didukung kamera utama 16 megapiksel dan kamera depan 3,7 megapiksel. Saya akan senang mengabadikan momen menggunakan Note Edge karena besar di gambar makro dan dapat menghasilkan foto yang luar biasa, bahkan sekalipun ketika di dalam ruangan yang kekurangan cahaya.

4. Memperbarui Informasi Melalui Notifikasi Pintar

note edge notification
Sumber: DetroitBORG
Pada layar awal, saya dapat menetapkan aplikasi, shortcut, maupun folder ke tepi layar. Dalam kasus folder, seperti yang terlihat pada gambar di atas, ini mudah dilihat pada layar meskipun lebih nyaman jika dilihat dari samping.

Edge menjadi berguna ketika saya sedang berada dalam suatu aplikasi dan ingin beralih ke aplikasi lain tanpa perlu repot menekan icon atau folder lain. Misalnya pada gambar di atas, terdapat folder yang berisi produk Google, kamera, PlayStore, dan lain-lain. Lengkungan pada tepi layar Note Edge juga dapat menampilkan apa yang sedang menjadi tren di Twitter, memutar musik favorit, menampilkan penggaris virtual (sentimeter dan inci), dan berita terkini dari situs-situs pilihan.

5. Mencatat Momen dan Agenda Penting

photo note galaxy edge
GALAXY Note Edge memiliki kemampuan multitasking hingga 10 aplikasi. Berbagai mode juga ditawarkan, yaitu Recent App, Split-Window, dan Pop-up Window. Saya bisa dengan leluasa membuat catatan sendiri, mengambil foto dengan Photo Note dan langsung mengkonversi dari analog ke digital.

Fitur Smart Select juga disematkan pada S pen Note Edge untuk memilih teks pada situs maupun aplikasi lainnya yang kemudian dapat langsung disimpan. S pen lebih ditingkatkan sensitivitasnya sehingga dapat menunjang segala aktivitas saya yang berhubungan dengan tulis menulis.

6. 'Mengistirahatkan' Kembali Power bank


Saya adalah tipe pengguna gawai (baik itu ponsel, phablet, dan tablet) yang bijak dalam penggunaan baterai. Tapi saya tetap membutuhkan power bank untuk mengantisipasi jika tanpa saya sadari baterai gawai semakin menipis.

GALAXY Note Edge hadir dengan kekuatan baterai yang sedikit lebih kecil (3000 mAh) dibanding Note 4 (3220 mAh). Meski demikian, keduanya sama-sama memiliki mode Fast Charging sehingga mengisi baterai tak lagi membutuhkan proses yang lama. Dengan daya sebesar ini, tentu saya bisa mengistirahatkan kembali power bank yang biasa saya gunakan sehari-hari.

Kesimpulan

Samsung GALAXY Note Edge hadir dalam balutan desain yang aduhai, display yang mengagumkan, spesifikasi yang mentereng, baterai tahan lama, kapasitas memori sangat besar, serta panel melengkung yang menjadi inovasi Samsung. Semua komponen tersebut menghasilkan suatu produk yang dapat menunjang aktivitas saya sebagai seorang penulis dan penikmat internet.

* * *

Kamu punya mimpi yang sama tapi belum bisa mewujudkannya? Yuk berbagi aktivitas yang ingin kamu lakukan dengan GALAXY Note Edge kepada pembaca lainnya di kolom komentar! Terima kasih.

Baca Juga Artikel Pilihan:

Komentar