Perlengkapan dan Peralatan yang Wajib Dibawa Saat Berkemah

camping-berkemah
Ingin mendapatkan suasana yang jauh dari keramaian dan hiruk pikuk kota yang semrawut serta bebas polusi? Camping atau berkemah adalah salah satu kegiatan yang dapat memberikan kamu kesempatan untuk menikmati alam luar sekaligus menghilangkan penat. kamu tidak hanya akan memperoleh kesempatan untuk menikmati kegiatan yang menyenangkan bersama keluarga dan teman-teman, tetapi juga untuk memahami dan menghargai nilai-nilai kehidupan.

Namun, karena kehidupan di alam bebas sangatlah di luar dugaan, kamu harus siap menghadapi ketidakpastian, ketidaknyamanan dan beberapa pengalaman berbahaya saat berkemah. Oleh karena itu, sangat penting bagi kamu melakukan persiapan yang matang untuk bisa menghadapi ketidakpastian dalam bentuk apapun.

Berikut ini daftar perlengkapan dan peralatan yang harus dibawa ketika berkemah:

Tenda


Tenda adalah yang paling penting dari semua peralatan yang harus dibawa ketika kita sedang berkemah. Pastikan kamu membawa tenda yang cukup besar agar dapat digunakan bersama teman-teman atau keluarga. Selain menjaga keamanan dan keselamatan, tenda juga akan memberikan kamu sebuah pengalaman untuk tidur di bawah langit yang cerah dan sinar bulan di saat malam hari.

Peralatan Tidur


Peralatan lain yang penting agar tidak dilupakan saat berkemah adalah peralatan yang dapat memberikan kenyamanan pada permukaan yang tidak rata di alam bebas / hutan. Peralatan tidur mencakup flysheet, matras, balaklava, sleeping bag, jacket/sweater, sarung tangan wol, kaos kaki, kaos lengan panjang, celana panjang serta Box Alat Tidur.

Alat Kebersihan dan P3K

Meskipun tidak diperhatikan oleh orang banyak, pertolongan pertama adalah yang paling penting dari semua hal yang harus kamu bawa ketika berkemah. Sebuah perjalanan berkemah kita akan menjumpai berbagai kejutan dan medan yang tak terduga yang bisa membuat kamu sewaktu-waktu mengalami kecelakaan kecil. Perlengkapan P3K juga harus dilengkapi alat-alat kebersihan seperti handuk, kapas, tissue, cottonbud, gunting kuku, sabun cuci tangan, dan alkohol untuk sterilisasi.

Obat Anti Serangga

Gigitan serangga juga merupakan sesuatu yang dapat mengganggu kenyamanan kamu ketika berkemah di alam luar. Gigitan ini bahkan bisa menularkan berbagai penyakit atau menyebabkan infeksi. Oleh karena itu, disarankan untuk membawa bersama beberapa obat nyamuk / serangga, ketika keluar untuk berkemah.

Penerangan

Situasi di alam luar yang tidak terduga semakin diperparah dengan kemungkinan tidak adanya cahaya di saat malam hari. Oleh karena itu, kamu dianjurkan untuk membawa korek api, lilin, dan senter.

Pakaian

Pakaian bukan hanya perlengkapan yang kamu gunakan saat itu juga ketika berkemah, mengingat akan cuaca dan keadaan yang tidak menentu maka kita juga perlu mempersiapkan segala jenis pakaian cadangan. Oleh karena itu, disarankan membawa pakaian penting dan pakaian cadangan seperti jaket gunung, jas hujan, kaos dan cadangan, kaos kaki cadangan, dan tentunya pakaian dalam cadangan.

Peralatan Memasak

Jika kita tidak membawa persediaan makanan matang yang cukup, maka membawa perlengkapan memasak dan peralatan bersama menjadi sangat penting. Kita dapat membawa bersama panci portabel, kompor paraffin serta sayuran dan makanan lain yang bisa dimasak. Jangan lupa untuk berkemas dan menjaga kelestarian lingkungan sekitar setelah memasak.

Alat navigasi

Membawa peta dan tali menjadi bagian penting dari peralatan berkemah, terutama ketika kamu pergi ke tempat yang baru kamu kunjungi tanpa pemandu lokal. Alat navigasi lainnya yang perlu kamu bawa adalah kompas, altimeter, penggaris, buku catatan, dan alat tulis.

Perlengkapan lain yang perlu dibawa:
  • Pisau Lipat dan Golok
  • Kartu Identitas (KTP)
  • Handphone
  • Kamera
  • Handycam

Semoga dapat membantu bagi kamu yang ingin pergi camping/berkemah. Jangan lupa untuk mengabadikan momen-momen berharga selama perjalanan menggunakan kamera, handycam, atau buku catatan.


Sumber gambar: Shutterstock

Baca Juga Artikel Pilihan:

Komentar

Posting Komentar