Cara Mencari Judul Lagu yang Belum Kamu Ketahui

identify-song-music-judul-lagu
Ilustrasi oleh depositphotos
Apakah kamu pernah memikirkan sebuah lagu yang terbayangkan di kepala? Apakah kamu hanya ingat beberapa patah kata dari lagu itu atau bahkan hanya mengingat instrumen musiknya saja? Kamu tak perlu khawatir, karena saya akan membagikan kiat untuk mengidentifikasi lagu tersebut.

Terdapat dua situasi dalam kasus ini. Pertama, ketika kamu sedang mendengarkan sebuah lagu melalui media elektronik, baik itu televisi, radio, maupun internet. Kedua, ketika kamu sudah mendengarkan lagu itu dan hanya mengingat beberapa bait atau lirik dari lagu tersebut. Kita akan membahas keduanya satu-per-satu.

Saat Mendengar Lagu Tersebut

Misalnya kamu sedang mendengarkan sebuah lagu di tempat umum atau di rumah, dan kamu sangat penasaran judul lagu tersebut karena baru pertama kali mendengarnya. Tak masalah! Sebagian besar dari kita tentu memiliki gawai (bahasa Inggris: gadget). Sebelumnya, pastikan kamu telah menginstall aplikasi Shazam (iOS - Android) atau SoundHound (iOS - Android) di gawaimu.
shazam-soundhound-identify-song-apps

Ketika kamu menemukan lagu yang belum pernah didengar sebelumnya, dan ingin tahu apa judulnya, segera jalankan aplikasi Shazam atau SoundHound. Kedua aplikasi ini bekerja dengan cara yang sama. Sentuh layar dan aplikasi akan mulai mendengarkan, merekam contoh singkat dari lagu tersebut, kemudian mengunggah rekaman. Setelah beberapa saat, kamu akan disajikan nama lagu, artis, dan informasi lebih lanjut tentang lagu tersebut. Aplikasi ini juga akan menyediakan link iTunes atau link lain untuk membeli lagu tersebut. Sederhana, 'kan?

Namun, jika kamu belum meng-install, atau ponsel kamu tidak mendukung aplikasi tersebut, masih ada sesuatu yang dapat kamu lakukan. Hampir semua ponsel saat ini memiliki fitur perekam suara. Jadi yang perlu kamu lakukan adalah merekam lagu yang sedang didengarkan, kemudian simpan. Kemudian bila memungkinkan, segera pindahkan rekaman tersebut ke komputer kamu, dan mainkan kembali untuk memeriksa apakah kualitasnya cukup baik. Setelah selesai, kunjungi midomi.com, dan klik tombol 'Click and Sing or Hum'.
midomi-ultimate-search-identify-music

Kemudian kamu akan melihat pemberitahuan Adobe Flash Player.
midomi-search-music-easy

Midomi tidak hanya sekedar mendengarkan rekamanmu, tapi juga merekamnya dan menyesuaikannya dengan database musik. Setelah beberapa detik, midomi akan berhenti merekam dan langsung mengunggahnya kembali.
midomi-search-identify-music-uploading

Dan dalam beberapa saat, midomi akan menampilkan rincian dari lagu tersebut.
midomi-hasil-pencarian

Ketika Sudah Mendengar Lagu Tersebut

Setelah lagu selesai diputar, kamu dapat mencarinya di mesin pencari. Jika kamu ingat setiap frasa, atau bait lirik dari lagu tersebut, cukup tik di Google dan tambahkan kata "lyrics/lirik" akhir frasa. Setelah kamu mendapat hasil pencarian, kemungkinan kamu akan menemukan lagu yang benar dalam upaya pertama, dan kamu dapat mencarinya di YouTube untuk mengkonfirmasi apakah itu adalah lagu yang tepat. Tetapi jika hasilnya campuran dan belum tepat, kamu bisa memeriksa satu persatu atau menggunakan kata kunci yang lain.

Misalnya, hari ini saya mendengarkan backsound lagu di sebuah acara televisi, dan semua yang saya ingat hanyalah beberapa bait dari lagu tersebut. Mari kita coba mencarinya di Google.

ikimono-gakari-blue-bird-aoi-aoi-ano-sora

Setelah hasil pencarian muncul, ternyata lagu yang saya cari adalah Blue Bird dan dibawakan oleh Ikimono Gakari.
ikimono-gakari-blue-bird-naruto-shippuden-lyrics

Selain menggunakan midomi, kamu juga dapat bertanya di forum WatZatSong.com atau Detektif Musik Kaskus.

Sekarang kamu dapat menemukan judul lagu yang selama ini kamu cari. Dan di masa mendatang, pastikan untuk menggunakan metode pertama (menggunakan aplikasi untuk mengidentifikasi lagu), karena tentu lebih mudah untuk mengidentifikasi lagu ketika kita sedang mendengarkannya.

Apakah kamu pernah mencoba mencari musik dengan cara ini? Ceritakan pengalamanmu di kolom komentar ya.

Baca Juga Artikel Pilihan:

Komentar

  1. Oh gitu, thanks bro. Sangat bermanfaat bagi gue :)

    www.fikrimaulanaa.com

    BalasHapus
  2. ijin mencuplik artikel nya ya mas nuwun salam kenal , http://kangbudhi.blogdetik.com/

    BalasHapus

Posting Komentar