Sistem Komputer

ilustrasi-printer-modern
Printer modern. (Sumber: Shutterstock.com)

Printer

Pencetak (printer) adalah alat yang menampilkan data dalam bentuk cetakan, baik berupa teks maupun gambar/grafik, di atas kertas.

Secara garis besar, printer dapat digolongkan menjadi dua jenis, yaitu:

1. Impact Printer
Impact printer membuat gambar dengan menggunakan beberapa mekanisme. Secara fisik menekan pita bertinta terhadap halaman, menyebabkan tinta yang akan disimpan pada halaman dalam bentuk yang diinginkan. Printer ini biasanya keras, namun tetap digunakan sampai sekarang karena kemampuan unik untuk berfungsi dengan beragam bentuk media.

Beberapa printer termasuk dalam golongan ini, antara lain:

  • Dot matrix printer
dot-matrix-printer

Printer ini menggunakan serangkaian pin kecil untuk menekan pita yang dilapisi tinta, dengan begitu tinta dapat ditransfer ke kertas.

  • Daisy wheel printer
Daisy wheel adalah jenis awal printer diciptakan pada tahun 1969 oleh David S. Lee di Diablo Data Systems. Printer ini menggunakan logam atau plastik disk yang berisi masing-masing huruf, angka, dan karakter lain. Ketika sesuatu akan dicetak, printer memutar disk untuk masing-masing karakter dan kemudian menggunakan palu untuk menekan masing-masing karakter dalam pita tinta untuk menciptakan karakter di atas kertas.

  • Thimble printer
Printer jenis ini menggunakan elemen mengetik yang dikenal sebagai bidal, yang berisi set lengkap karakter alfanumerik yang ditekan melalui pita tinta ke kertas. Printer yang sangat mirip dengan daisy wheel ini sangat populer sebelum inkjet dan laser printer dijual di pasaran. Namun, printer ini tidak lagi digunakan oleh pengguna komputer saat ini. (Ilustrasi gambar tidak tersedia)

  • Chain printer
IBM-143-printer
Sebuah printer baris awal yang dihubungkan bersama dalam rantai sebagai mekanisme percetakan. Rantai berputar secara horizontal sekitar satu set palu. Ketika karakter yang diinginkan berada di depan kolom cetak yang dipilih, maka palu menyentuh kertas pita dan ke karakter dalam rantai.

  • Band printer
Dataproducts-B300-band-printer
Band printer adalah variasi dari chain printer, di mana pita baja tipis digunakan sebagai pengganti rantai, dengan karakter timbul pada pita tersebut.

  • Drum printer
drum-printer
Sebuah teknologi printer baris yang sudah lama  yang digunakan untuk membentuk gambar karakter di sekitar drum silinder sebagai mekanisme pencetakan. Ketika karakter yang diinginkan berada di posisi yang dipilih dan diputar di sekitar garis palu, palu memukul kertas dari belakang dan mendorongnya ke dalam pita dan karakter.


2. Non-impact Printer
Printer jenis ini tidak menyentuh kertas saat mengolah gambar. Beberapa printer termasuk dalam jenis ini, antara lain:

  • Inkjet printer
canon-inkjet-printer
Printer jenis ini menggunakan serangkaian pipa semprot tinta secara langsung ke kertas.

  • Thermal printer
thermal-printer
Printer Thermal adalah jenis printer yang dapat memproses pencetakan digital serta menghasilkan gambar yang dicetak oleh pemanasan selektif termokromik dilapisi kertas, atau kertas termal pada umumnya saat melewati print head termal.

  • Electrostatic printer
Scotchprint-Printer-2000-electrostatic
Electrostatic printer adalah jenis printer di mana gambar yang diperlukan pertama kali ditulis sebagai pola muatan elektrostatik, kemudian dibuat terlihat dengan membawa pola ke dalam kontak dengan partikel pigmen yang membawa muatan polaritas yang berlawanan. Pigmen ini hanya tertarik pada pola pengisian dan selanjutnya menyatu atau terikat ke kertas.

  • Thermal transfer printer
Thermal-transfer-printer-barcode
Thermal transfer printer adalah proses cetak digital di mana bahan diterapkan pada kertas (atau material lain) dengan peleburan lapisan pita tinta sehingga dapat  menghasilkan suatu teks/gambar.

  • Laser printer
xerox-laser-printer
Laser printer adalah printer yang menggunakan tinta kering (toner), listrik statis, dan panas untuk menempatkan dan obligasi tinta ke kertas.


Sedangkan, printer digolongkan menjadi beberapa jenis berdasarkan hasil cetaknya, antar lain:

1. Serial Printer
serial-printer
Printer yang mencetak satu karakter pada suatu waktu dalam urutan di mana mereka muncul dalam baris teks. Urutan dapat dimulai dari kiri ke kanan, atau arah lainnya.

2. Line Printer
Line printer termasuk dalam impact printer yang dapat mencetak satu baris teks dalam satu waktu. Sebagian printer jenis ini digunakan saat era komputasi digital dimulai, tapi teknologi ini masih digunakan.

3. Page Printer
canon-page-printer
Page printer adalah printer komputer yang dapat mencetak seluruh halaman dalam satu waktu.

4. Intelligent Printer Controller


Video Display

Video display atau display device adalah perangkat elektronik yang mewakili informasi dalam bentuk visual. Terdapat beberapa jenis video display, antara lain:

1. Alphanumeric Display

alphanumeric-display-fourteen-segment-display
Alphanumeric display atau fourteen-segment display adalah jenis layar berdasarkan atas 14 segmen yang dapat diaktifkan atau dinonaktifkan untuk menghasilkan huruf dan angka.

2. Graphic Display
graphic-display
Graphic display adalah jenis layar yang dapat menampilkan angka, huruf, bahkan grafik.

3. Monochrome Display
IBM-PC-5150-monochrome-display
Monochrome display adalah jenis monitor CRT komputer yang sangat umum digunakan di era awal komputasi, dari 1960 hingga 1980-an, sebelum monitor warna menjadi populer.

4. Color Display
digital color monitor
Color display adalah monitor yang dapat menampilkan banyak warna. Jika monochrome hanya dapat menampilkan 2 warna (satu untuk latar belakang dan satu lagi untuk latar depan), maka color display dapat mengimplementasikan warna RGB yang terdiri dari tiga warna utama, yaitu merah, hijau, dan biru.Warna monitor untuk mikrokomputer desktop didasarkan pada tabung sinar katoda (CRT) atau teknologi pencahayaan layar datar.

5. Computer Display Projector
canon-projector
Projector adalah perangkat optik yang memproyeksikan gambar (atau gambar bergerak) ke permukaan, biasanya layar proyeksi atau papan tulis.

6. LCD
lg-lcd-monitor
Penampil kristal cair (Inggris: liquid crystal display; LCD) adalah suatu jenis media tampilan yang menggunakan kristal cair sebagai penampil utama. LCD sudah digunakan di berbagai bidang misalnya dalam alat-alat elektronik seperti televisi, kalkulator ataupun layar komputer. Kini LCD mendominasi jenis tampilan untuk komputer meja maupun notebook karena membutuhkan daya listrik yang rendah, bentuknya tipis, mengeluarkan sedikit panas, dan memiliki resolusi tinggi.

7. LED
LED adalah tampilan panel datar yang menggunakan sebuah array dioda pemancar cahaya sebagai penampil video. Sebuah panel LED adalah layar kecil, atau komponen dari tampilan yang lebih besar. Biasanya LED digunakan di toko dan billboard.

8. Blu Ray
dvd-vs-bluray-ice-age
Cakram Blu-ray (Inggris: Blu-ray Disc disingkat BD) adalah sebuah format cakram optik untuk penyimpanan media digital termasuk video definisi tinggi. Nama Blu-ray diambil dari laser biru-ungu yang digunakan untuk membaca dan menulis cakram jenis ini. Cakram Blu-ray dapat menyimpan data yang lebih banyak dari format DVD yang lebih umum karena panjang gelombang laser biru-ungu yang dipakai hanya 405 nm dimana lebih pendek dibandingkan laser merah, 650 nm yang dipakai DVD dan CD.

Daftar Pustaka

Google Images.
Impact Printers, Wikipedia.
Thermal printing, Wikipedia.
Thermal transfer printing, Wikipedia.
Fourteen-segment display, Wikipedia.
Monochrome display, Wikipedia.
LED display, Wikipedia.
Penampil kristal cair, Wikipedia Indonesia.
Cakram Blu-ray, Wikipedia Indonesia.
How Inkjet Printers Work, HowStuffWorks.
What Is Daisy Wheel Printer?, Computer Hope.
What Is Thimble Printer?, Computer Hope.
Chain Printer, PC Magazine Encyclopedia.
Drum Printer, PC Magazine Encyclopedia.
Definition of printer engine, PC Magazine Encyclopedia.
http://www-03.ibm.com/ibm/history/history/year_1920.html
http://www-03.ibm.com/ibm/history/exhibits/vintage/vintage_4506VV4006.html
http://www.columbia.edu/cu/computinghistory/405.html
http://www.columbia.edu/cu/computinghistory/cpc.html
http://www.encyclopedia.com/doc/1O11-electrostaticprinter.html

Baca Juga Artikel Pilihan:

Komentar